• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG MASALAH-MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS IV SDN KALIWINING 02 KECAMATAN RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2010-2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhubA (79)x_1.pdf (415.9Kb)
    Date
    2014-01-25
    Author
    FERA INDRAWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Masalah – Masalah Sosial di Lingkungan Setempat Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Siswa Kelas IV SDN Kaliwining 02 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010-2011; Fera Indrawati, 080210274081; 2011; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Proses Pembelajaran IPS Di SDN Kaliwining 02 guru masih menerapkan metode konvensional yang masih terfokus pada guru dan siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Proses pembelajaran guru kelas IV di SDN Kaliwining 02 berpusat pada guru. Berdasarkan pengamatan di SDN Kaliwining 02 guru kelas kurang meningkatkan aktifitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS dan hasil belajar IPS juga masih rendah. Hal ini diindikasikan dari metode yang digunakan guru kelas dalam proses pembelajaran menggunakan metode konvensional seperti ceramah, tanya jawab dan penugasan, sehingga pelaksanaan proses pembelajaran terpusat pada guru (teacher oriented). Pembelajaran seperti ini tidak memotivasi siswa untuk belajar lebih bermakna. Oleh karena itu peneliti melakukan koordinasi dengan guru kelas untuk menerapkan metode pembelajaran yang dapat membantu memecahkan permasalahan di atas untuk diimplementasikan pada pembelajaran materi Masalah – Masalah Sosial. Metode yang dipilih peneliti adalah metode pembelajaran yang mengutamakan terpusat pada siswa yang diharapkan dapat meningkatkan kerjasama siswa, meningkatkan pembelajaran yang mendorong pada aktifitas siswa, sehingga dapat memperbaiki hasil belajar siswa serta meningkatkan aktifitas belajar siswa di kelas. Berdasarkan hal tersebut maka metode yang tepat untuk dilaksanakan adalah Pembelajaran menggunakan metode Diskusi Kelompok. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kaliwining 02 pada siswa kelas IV semester genap Tahun Ajaran 2010/2011 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember mulai tanggal 17 Januari 2011 sampai dengan 02 Mei 2011. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Masingmasing siklus terdiri dari empat langkah utama yaitu perencanaan, tindakan, mengamati dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi dan dokumentasi. Hasil observasi aktifitas siswa pada kegiatan pra siklus persentase rata-rata aktifitas siswa adalah 63,76% dan tergolong kategori kurang aktif. Hasil observasi yang dilakukan terhadap aktifitas siswa selama siklus I, diketahui bahwa siswa tergolong cukup aktif. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktifitas siswa pada siklus I yaitu 68,99%. Berdasarkan hasil observasi aktifitas siswa dalam pelaksanaan siklus II menunjukkan siswa tergolong aktif dengan persentase 80,62%. Persentase peningkatan aktifitas siswa dari pra siklus ke siklus I adalah sebesar 60,47%, sedangkan persentase peningkatan aktifitas siswa dari siklus I ke II sebesar 88,37%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan aktifitas siswa. Hasil belajar siswa kelas VI pada pra siklus yang didapatkan juga rendah dengan nilai paling rendah yang dicapai siswa adalah 45 dan paling tinggi yang dicapai siswa adalah 76, sedangkan nilai rata-rata kelas yaitu 56,51. Hasil belajar pada siklus I masih kurang baik dengan nilai paling rendah yang dicapai siswa adalah 52 dan paling tinggi yang dicapai siswa adalah 80, sedangkan nilai ratarata kelas yaitu 62,51. Pada akhir kegiatan siklus II siswa juga mengerjakan tes formatif untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami materi yang sudah dipelajari. Hasil belajar pada siklus II semakin meningkat dengan nilai paling rendah dicapai siswa adalah 52 dan paling tinggi yang dicapai siswa adalah 100, sedangkan nilai rata-rata kelas yaitu 74,21. Hasil belajar IPS siswa dengan penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada pokok bahasan Masalah-Masalah Sosial di Lingkungan Setempat ini mengalami peningkatan. Persentase peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I adalah 67,44%, sedangkan dari siklus I ke siklus II yaitu 93,02%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24109
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository