PENERAPAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA POKOK BAHASAN MEMERANKAN TOKOH DRAMA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN KEBONSARI KULON 02 PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2012/2013
View/ Open
Date
2014-01-25Author
Fergie Dwita Mayasari
Fera Prastyca Melliana Bella
Metadata
Show full item recordAbstract
Dalam Kurikulum 1994 maupun oleh Kurikulum 2004, bahwa tujuan
pembelajaran bahasa Indonesia di SD tidak lagi untuk menciptakan bagaimana
peserta didik memahami tentang bahasa, tetapi lebih ditekankan pada kemampuan
menggunakan bahasa Indonesia secara lisan dan tulisan. Kenyataannya, di SDN
Kebonsari Kulon 2 Probolinggo mata pelajaran Bahasa Indonesia belum diberikan
yang sesuai dengan keinginan kurikulum. Siswa masih menggunakan bahasa ibu
sebagai pengantar pelajaran maupun berkomunikasi dengan guru.
Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan mengacu pada suatu
pendekatan. Beberapa pendekatan yang dapat dijadikan sebagai dasar untuk
mengatasi masalah tersebut, salah satunya adalah Pendekatan komunikatif.
Pendekatan komunikatif merupakan pendekatan yang berlandaskan pada
pemikiran bahwa kemampuan menggunakan bahasa dalam berkomunikasi
merupakan tujuan yang harus dicapai dalam pembelajaran bahasa. Untuk itu,
dalam penelitian ini ingin mendeskripsikan bagaiamana penerapan pendekatan
komunikatif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada pokok
bahasan memerankan tokoh drama dan bagaimana peningkatan hasil belajara
berbicara siswa setelah menggunakan pendekatan komunikatif.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: Untuk
mendeskripsikan penerapan pendekatan komunikatif untuk menignkatkan
kemampuan berbicara siswa pada pokok bahasan memerankan tokoh drama dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran bahasa Indonesia pokok bahasan memerankan tokoh dramam