FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN MEMBELI BUKU DI TOKO BUKU GRAMEDIA JEMBER
Abstract
Konsumen merupakan faktor penting yang harus diperhatikan oleh suatu
perusahaan bisnis, karena konsumen merupakan ujung tombak dalam tercapainya
tujuan perusahaan secara optimal. Toko buku Gramedia Jember merupakan salah
satu bentuk perusahaan retail dan merupakan toko buku yang notabene selalu
ramai dengan pengunjung. Hal ini menunjukkan bahwa toko buku Gramedia
menjadi alternatif konsumen untuk memenuhi kebutuhan terhadap buku.
Kebutuhan merupakan fundamen yang mendasari perilaku konsumen. Konsumen
akan membeli suatu produk jika produk tersebut dipandang mampu memenuhi
kebutuhan dan keinginannya, untuk itu perlu adanya pemahaman tentang perilaku
konsumen dalam melakukan pembelian dimana pengambilan keputusan dapat
dipengaruhi oleh faktor internal maupun faktor eksternal.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
konsumen membeli buku di toko buku Gramedia Jember. Selain itu juga
menganalisis pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap keputusan pembelian dan
mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi konsumen membeli buku di toko
buku Gramedia Jember. Penelitian ini dilaksanakan di toko buku Gramedia yang
berada di Jl. Trunojoyo 85 Jember pada bulan Februari 2008. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian confirmatory dengan model penelitian survei. Sampel
penelitian adalah konsumen yang berbelanja buku minimal dua kali di toko buku
Gramedia Jember. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 200 responden
dengan pengambilan secara purposive sampling. Metode pengumpulan data yaitu
metode observasi, angket/kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitianini skala yang digunakan adalah Skala Likert, dimana setiap instrumen penelitian
diuji validitas dan reliabilitasnya.
Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas diketahui bahwa semua
instumen pertanyaan dinyatakan valid (p < 0,05) dan reliabel (α ≥ 0,6). Pada hasil
analisis faktor pertama ada tiga variabel yang harus dikeluarkan karena
mempunyai loading factor < 0,5 yaitu variabel kebijakan, pembelajaran dan
variabel sikap. Analisis faktor kembali dilakukan setelah variabel yang gugur
dikeluarkan. Hasil penelitian yang didapatkan adalah terdapat empat faktor yang
mempengaruhi konsumen membeli buku di toko buku Gramedia Jember yaitu
faktor kualitas layanan dengan eigen-value sebesar 2,123, faktor produk dengan
eigen-value 1,897, faktor sosial dengan eigen-value sebesar 1,728 dan faktor
psikologis dengan eigen-value sebesar 1,183. Masing-masing faktor diwakili oleh
variabel-variabel. Faktor pertama, kualitas layanan diwakili variabel fisik (loading
factor 0,562), interaksi personal (loading factor 0,846), pemecahan masalah
(loading factor 0,774) dan lokasi (loading factor 0,609). Faktor kedua, produk
diwakili variabel keandalan (loading factor 0,680), harga (loading factor 0,775)
dan kualitas (loading factor 0,820). Faktor ketiga, sosial diwakili oleh variabel
kelompok referensi (loading factor 0,511), keluarga (loading factor 0,753) dan
kelas sosial (loading factor 0,736). Sedangkan faktor keempat yaitu psikologis
diwakili oleh variabel motivasi dengan loading factor 0,867.
Berdasarkan hasil uji regresi linear berganda, faktor-faktor bentukan baru
secara simultan mempunyai pengaruh yang kuat terhadap keputusan pembelian
konsumen yang ditunjukkan dengan nilai F
sebesar 176,176 dengan
signifikansi 0,000 dan R
2
viii
hitung
sebesar 0,783. Hal tersebut menunjukkan bahwa faktor
kualitas layanan, produk, sosial dan psikologis secara simultan memberi
kontribusi terhadap variabel Y (keputusan pembelian) sebesar 78,3%. Faktor
kualitas layanan mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan konsumen