Pengaruh Contextual Teaching and Learning melalui Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Ipa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Kesilir 01 Wuluhan Jember
Abstract
Kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Upaya
untuk meningkatkan mutu pendidikan terutama pembelajaran IPA di Sekolah Dasar
terus diusahakan. Salah satu upaya tersebut adalah dengan penerapan Contextual
Teaching and Learning dengan metode eksperimen. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah “adakah pengaruh yang signifikan penggunaan Contextual
Teaching and Learning melalui metode eksperimen dalam pembelajaran IPA
terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember?.” Tujuan dari
penelitian ini adalah “ingin mengetahui adanya pengaruh yang signifikan penggunaan
Contextual Teaching and Learning melalui metode eksperimen dalam pembelajaran
IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember.”
Penelitian eksperimental dengan menggunakan desain pre-test post-test
control group design ini dilaksanakan di kelas V SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember.
Populasi dalam penelitian adalah kelas V dengan jumlah 55 siswa yang terdiri dari 27
siswa kelas VA dan 28 siswa kelas VB. Responden/sampel penelitian ditentukan
setelah uji homogenitas menggunakan analisis varian. Hasil perhitungan uji
homogenitas diperoleh harga t
0
= 1.461, harga t
ini dilakukan tes signifikansi dengan
harga t
t
dengan db
k
= 2 dan db
d
viii
0
= 53 pada taraf signifikansi 5% adalah 2.007, nilai
t
0
< t
(1.461 < 2.007). Dengan demikian Ho (hipotesis nihil) diterima, yaitu tidak ada perbedaan yang signifikan sehingga populasi dinyatakan homogen. Penentuan sampe dililakukan dengan clusterrandom sampling yaitu eknikundian sehingga diperoleh kelas VA sebagai\kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Metoplan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara,tes dan dokumentasi. Teknik analisis datang digunakan adalah uji test. Diperoleh harga=276.Hargat+Ny0 ini dilakukan tes signifikan sidganhargat–2=53,pada taraf signifikan si 5% diperoleh harga (2.66>1.684)sehingga hipotesis nihil (Hix0tt dengan dN=1.684.Nilait) ditolak dan hipotesis kerja (H ) diterima. Berdasarkan hasil tersebut upat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan menggunaan Contextual Teaching and Learning melalui mode eksperimen dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN kesilir 01 Wuhan Jember .Saran bagi guru, hendaknya dapat digunakan sebagai bahan masukan tentang salah satu metode mengajar yang melibatkan siswa aktif dalam proses belajar mengajar Bagi sekolah, hendaknya dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan dapat dijadikan pedoman dalam meningkatkan mutu pendidikan khusus
SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember. Bagi penelitilain, hens penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masa acuan untuk penelitian lebih lanjut.