Show simple item record

dc.contributor.authorIFIN ALFIANI ROSITA
dc.date.accessioned2014-01-25T04:29:44Z
dc.date.available2014-01-25T04:29:44Z
dc.date.issued2014-01-25
dc.identifier.nimNIM080210301055
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24088
dc.description.abstractSasaran pembangunan dibidang pendidikan terutama untuk guru adalah terwujudnya guru berkualitas yang mampu merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan mengevaluasi pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya. Salah satu usaha yang dilakukan pemerintah dalam hal ini khususnya di SMA Muhammadiyah 3 Jember, SMK Kartini Jember dan SMK Trunojoyo Jember adalah dengan diadanya Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) yang diselenggarakan pada LPTK yang telah ditentukan oleh pemerintah. Pendidikan dan Latihan Profesi Guru diharapkan akan meningkatkan kemampuan profesional guru SMA Muhamamdiyah 3 Jember, SMK Kartini Jember dan SMK Trunojoyo Jember. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh variable Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) terhadap kemampuan profesional guru di lingkungan SMA Muhammadiyah 3 Jember, SMK Kartini Jember dan SMK Trunojoyo Jember. Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) adalah suatu program pemerintah melalui pendidikan dan latihan untuk meningkatkan kemampuan professional guru di SMA Muhammadiyah 3 Jember, SMK Kartini Jember dan SMK Trunojoyo Jember. Tujuan PLPG untuk meningkatkan kemampuan profesional guru yang meliputi kemampuan merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan mengevaluasi pembelajaran secara berkelanjutan. Manfaat PLPG adalah melindungi profesi guru dari praktik-praktik yang tidak kompenten, melindungi masayarakat dari praktik-praktik yang tidak berkualitas dan meningkatkan kesejahteraan guru. Materi yang diperoleh dalam pelaksanaan PLPG meliputi materi tentang kemampuan pedagogik, kemampuan profesional, kemampuan kepribadian dan kemampuan sosial. Kemampuan profesional guru adalah kemampuan guru untuk melakukan tugas pokoknya sebagai pendidik dan pengajar sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya meliputi kemampuan merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan mengevaluasi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan penentuan daerah penelitian secara purposive area yaitu SMA Muhammadiyah 3 Jember, SMK Kartini Jember dan SMK Trunojoyo Jember. Metode penentuan sample penelitian secara purposive populative sebanyak 40 guru. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial yang digunakan meliputi analisis regresi sederhana, analisis varian regresi sebesar 0,905, Koefisien determinasi (R ) sebesar 0,818 atau 81,8 %, uji validitas, uji reliabilitas, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) secara simultan mempunyai pengaruh terhadap kemampuan profesional guru SMA Muhammadiyah 3 Jember, SMK Kartini Jember dan SMK Trunojoyo Jember. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan F hitung : 171,101 > F 7,35 dengan tingkat a: 0,05> signifikansi 0,000. Jadi jelas bahwa variable Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap kemampuan profesional guru di lingkungan SMA Muhammadiyah 3 Jember, SMK Kartini Jember dan SMK Trunojoyo Jember Tahun 2011.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210301055;
dc.subjectLATIHAN PROFESI GURU (PLPG) TERHADAP KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU DI SMAen_US
dc.titlePENGARUH PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU (PLPG) TERHADAP KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU DI SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER, SMK KARTINI JEMBER DAN SMK TRUNOJOYO JEMBER TAHUN 2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record