dc.description.abstract | Sasaran pembangunan dibidang pendidikan terutama untuk guru adalah
terwujudnya guru berkualitas yang mampu merencanakan pembelajaran,
melaksanakan pembelajaran dan mengevaluasi pembelajaran sesuai dengan
kompetensi yang dimilikinya. Salah satu usaha yang dilakukan pemerintah dalam hal
ini khususnya di SMA Muhammadiyah 3 Jember, SMK Kartini Jember dan SMK
Trunojoyo Jember adalah dengan diadanya Pendidikan dan Latihan Profesi Guru
(PLPG) yang diselenggarakan pada LPTK yang telah ditentukan oleh pemerintah.
Pendidikan dan Latihan Profesi Guru diharapkan akan meningkatkan kemampuan
profesional guru SMA Muhamamdiyah 3 Jember, SMK Kartini Jember dan SMK
Trunojoyo Jember. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui berapa besar pengaruh variable Pendidikan dan Latihan Profesi Guru
(PLPG) terhadap kemampuan profesional guru di lingkungan SMA Muhammadiyah 3
Jember, SMK Kartini Jember dan SMK Trunojoyo Jember.
Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) adalah suatu program
pemerintah melalui pendidikan dan latihan untuk meningkatkan kemampuan
professional guru di SMA Muhammadiyah 3 Jember, SMK Kartini Jember dan SMK
Trunojoyo Jember. Tujuan PLPG untuk meningkatkan kemampuan profesional guru
yang meliputi kemampuan merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran
dan mengevaluasi pembelajaran secara berkelanjutan. Manfaat PLPG adalah
melindungi profesi guru dari praktik-praktik yang tidak kompenten, melindungi
masayarakat dari praktik-praktik yang tidak berkualitas dan meningkatkan
kesejahteraan guru.
Materi yang diperoleh dalam pelaksanaan PLPG meliputi materi tentang kemampuan
pedagogik, kemampuan profesional, kemampuan kepribadian dan kemampuan sosial.
Kemampuan profesional guru adalah kemampuan guru untuk melakukan tugas
pokoknya sebagai pendidik dan pengajar sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya
meliputi kemampuan merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan
mengevaluasi pembelajaran.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan
penentuan daerah penelitian secara purposive area yaitu SMA Muhammadiyah 3
Jember, SMK Kartini Jember dan SMK Trunojoyo Jember. Metode penentuan sample
penelitian secara purposive populative sebanyak 40 guru. Metode analisis data yang
digunakan adalah analisis inferensial yang digunakan meliputi analisis regresi
sederhana, analisis varian regresi sebesar 0,905, Koefisien determinasi (R
)
sebesar 0,818 atau 81,8 %, uji validitas, uji reliabilitas, dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable Pendidikan dan Latihan Profesi
Guru (PLPG) secara simultan mempunyai pengaruh terhadap kemampuan profesional
guru SMA Muhammadiyah 3 Jember, SMK Kartini Jember dan SMK Trunojoyo
Jember. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan F
hitung
: 171,101 > F
7,35
dengan tingkat a: 0,05> signifikansi 0,000. Jadi jelas bahwa variable Pendidikan dan
Latihan Profesi Guru (PLPG) mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap kemampuan
profesional guru di lingkungan SMA Muhammadiyah 3 Jember, SMK Kartini Jember
dan SMK Trunojoyo Jember Tahun 2011. | en_US |