• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BANNER DAN METODE DISKUSI UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN KARANGDORO 02 BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhubA (152)x_1.pdf (490.4Kb)
    gdlhubA (152)x_1.pdf (490.4Kb)
    Date
    2014-01-25
    Author
    Fika Rosita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ilmu Pengetahuan Sosial Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penggunaan media gambar banner dan metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Karangdoro 02 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2010/2011 pada pokok bahasan Perjuangan Para Tokoh Pejuang pada Masa Penjajahan Belanda? Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Semester Genap di SDN Karangdoro 02 Banyuwangi. Jumlah siswa sebanyak 22 siswa, yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Lokasi penelitian ini di SDN karangdoro 02 Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi. Pengambilan Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Karangdoro 02 Banyuwangi tahun ajaran 2010/2011 semester ganjil. Sumber data pelengkap adalah guru kelas V SDN Karangdoro 02 dan subyek penelitian diambil dari 22 siswa kelas V yang terdiri atas 13 siswa laki – laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengambilan data yaitu melalui observasi wawancara Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dalam bentuk prosentase. Hasil analisis tersebut menggambarkan meningkatnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan media gambar banner pada pokok bahasan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda. Hasil yang dapat dicapai yaitu: dari hasil tes didapatkan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 77%; aktivitas siswa sebesar 81,8% dengan kriteria sangat aktif, selama proses belajar mengajar siswa cenderung aktif dan antusias yaitu siswa terlihat senang karena penggunaan media gambar banner dan metode diskusi yang dapat memberikan suasana pembelajaran yang menyenangkan; dari hasil wawancara diketahui bahwa guru kelas V merespon positif penggunaan media gambar banner dan metode diskusi dalam pembelajaran IPS; hasil tes formatif pada Siklus I masih dibawah target yang telah ditentukan. Hal ini terlihat dari ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 45% yang seharusnya 75%. Sedangkan hasil pada tes formatif Siklus II mengalami peningkatan yaitu mencapai 81%. Pada Siklus II tersebut dikatakan tuntas karena telah mencapai ketuntasan secara klasikal SDN Karangdoro 02 Banyuwangi yaitu sebesar 75%. Penggunaan Media Gambar Banner dan Metode Diskusi Untuk Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SDN Karangdoro 02 Banyuwangi Tahun Ajaran 2010 / 2011 Penjajahan Belanda
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24081
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository