PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BANNER DAN METODE DISKUSI UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN KARANGDORO 02 BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Ilmu Pengetahuan Sosial
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penggunaan media
gambar banner dan metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
IPS pada siswa kelas V SDN Karangdoro 02 Banyuwangi Tahun Pelajaran
2010/2011 pada pokok bahasan Perjuangan Para Tokoh Pejuang pada Masa
Penjajahan Belanda?
Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran
2010/2011. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Semester Genap di SDN
Karangdoro 02 Banyuwangi. Jumlah siswa sebanyak 22 siswa, yang terdiri dari 13 siswa
laki-laki dan 9 siswa perempuan. Lokasi penelitian ini di SDN karangdoro 02 Kecamatan
Tegalsari Kabupaten Banyuwangi. Pengambilan Sumber data dalam penelitian ini adalah
siswa kelas V SDN Karangdoro 02 Banyuwangi tahun ajaran 2010/2011 semester ganjil.
Sumber data pelengkap adalah guru kelas V SDN Karangdoro 02 dan subyek penelitian
diambil dari 22 siswa kelas V yang terdiri atas 13 siswa laki – laki dan 9 siswa
perempuan. Teknik pengambilan data yaitu melalui observasi wawancara
Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif
kuantitatif dalam bentuk prosentase. Hasil analisis tersebut menggambarkan
meningkatnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan
menggunakan media gambar banner pada pokok bahasan perjuangan para tokoh pejuang
pada masa penjajahan Belanda.
Hasil yang dapat dicapai yaitu: dari hasil tes didapatkan ketuntasan hasil
belajar siswa secara klasikal sebesar 77%; aktivitas siswa sebesar 81,8% dengan kriteria
sangat aktif, selama proses belajar mengajar siswa cenderung aktif dan antusias yaitu
siswa terlihat senang karena penggunaan media gambar banner dan metode diskusi yang
dapat memberikan suasana pembelajaran yang menyenangkan; dari hasil wawancara
diketahui bahwa guru kelas V merespon positif penggunaan media gambar banner dan
metode diskusi dalam pembelajaran IPS; hasil tes formatif pada Siklus I masih dibawah
target yang telah ditentukan. Hal ini terlihat dari ketuntasan belajar secara klasikal
mencapai 45% yang seharusnya 75%. Sedangkan hasil pada tes formatif Siklus II
mengalami peningkatan yaitu mencapai 81%. Pada Siklus II tersebut dikatakan tuntas
karena telah mencapai ketuntasan secara klasikal SDN Karangdoro 02 Banyuwangi yaitu
sebesar 75%.
Penggunaan Media Gambar Banner dan Metode Diskusi Untuk Peningkatan
Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SDN Karangdoro 02 Banyuwangi
Tahun Ajaran 2010 / 2011
Penjajahan Belanda