Show simple item record

dc.contributor.authorFENY MAGHFIROH
dc.date.accessioned2014-01-25T04:14:28Z
dc.date.available2014-01-25T04:14:28Z
dc.date.issued2014-01-25
dc.identifier.nimNIM080210204265
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24071
dc.description.abstractRendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa kesulitan yang dialami guru dan siswa selama proses belajar-mengajar. Kesulitan-kesulitan tersebut yaitu siswa kurang terlibat penuh dalam proses pembelajaran, kurangnya minat siswa terhadap proses belajar mengajar yang dilakukan, dan kurangnya variasi metode yang digunakan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diterapkan pembelajaran Learning Games menggunakan Gambar Diam. Learning Games merupakan suatu cara untuk mencapai indikator dalam proses pembelajaran melalui pertanyaanpertanyaan. Hal ini dikarenakan pertanyaan dapat meningkatkan proses berpfikir siswa, menyingkirkan “keseriusan”yang menghambat, menghilangkan stres dalam lingkungan belajar, mengajak siswa terlibat penuh, meningkatkan proses belajar, dan menambah variasi, semangat, dan minat pada sebagian program belajar. Rumusan masalah dari penelitisn ini adalah bagaimanakah penerapan Learning Games menggunakan gambar diam pada mata pelajaarn IPA kelas V pokok bahasan Pesawat Sederhana, dan bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan Learning Games menggunakan Gambar Diam mata pelajaran IPA kelas V pokok bahasan Pesawat Sederhana. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan Learning Games menggunakan Gambar Diam pada mata pelajaran IPA kelas V pokok bahasan Peasawat Sederhana, dan meningkatkan hasil belajar siswa setelah diterapkan Learning Games pada mata pelajaran IPA kelas V pokok bahasan Pesawat Sederhana. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Karanganyar 01 Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010-2011. Jumlah seluruh siswa kelas V adalah sebanyak 23 siswa, yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Penelitian dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I dan II melalui metode tes, hasil observasi kegiatan siswa pada aspek afektif dan psikomotorik melalui metode observasi serta hasil wawancara terhadap guru dan siswa melalui metode wawancara. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 7 Mei 2011 sampai dengan 21 Mei 2011 dalam dua siklus, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, persentase hasil belajar yang dicapai siswa sebesar 69.56% pada aspek kognitif, 74,40% pada aspek afektif, dan 72,94% pada aspek psikomotorik. Pada siklus II, persentase hasil belajar aspek kognitif adalah sebesar 86,95%, pada aspek afektif 83,57% dan pada aspek psikomotorik sebesar 83,09%. Hasil belajar siswa pada siklus II lebih meningkat dari siklus I, baik pada aspek kognitif, afektif maupun psikomotor. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran IPA pada pokok bahasan Pesawat Sederhana melalui pembelajaran Learning Games Menggunakan Gambar Diam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Karanganyar 01 Jember, baik pada aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik. Saran dari penelitian ini adalah guru dapat mangadopsi model Learning Games pada pokok bahasan yang berbeda, mata pelajaran lain maupun jenjang pendidikan yang lain serta memvariasikan dengan pembelajaran di luar kelas. Selain itu, kepala sekolah dapat menggunakannya untuk pembinaan profesionalitas guru dalam proses pembelajaran dan sebagai alternatif peningkatan kualitas mutu pendidikan. Sedangkan bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai masukan untuk penelitian lebih lanjut dengan pokok bahasan yang tentunya berbeden_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204265;
dc.subjectMATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PESAWAT SEDERHANA MELALUI MODEL LEARNING GAMESen_US
dc.titleENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PESAWAT SEDERHANA MELALUI MODEL LEARNING GAMES MENGGUNAKAN GAMBAR DIAM DI SD NEGERI KARANGANYAR 01 TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record