dc.description.abstract | Fakta di lapangan menunjukkan bahwa dalam pembelajaran masih
berorientasi pada guru. Siswa cenderung menerima apa saja yang telah diterangkan
oleh guru tanpa harus mengetahui apa manfaat dari pelajaran tersebut sehingga siswa
kurang termotivasi dalam belajar IPS.
Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, maka rumusan masalah
yang diajukan dalam Proposal penelitian ini adalah: “Bagaimana penerapan
pendekatan STM dengan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar IPS pokok
bahasan kegiatan ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V Semester Ganjil SDN
Rambipuji 01 Jember Tahun Ajaran 2010/2011?.
Penerapan Pendekatan STM dengan media gambar menghubungkan dunia
nyata melalui gambar dan menuntut siswa untuk terlibat aktif karena dalam
pelaksanaan pembelajarannya terdapat kegiatan berdiskusi dengan mengemukakan
pikirannya, saling bertukar pendapat dan saling bekerjasama untuk membangun
pengetahuan tentang suatu masalah. Harapan dalam penelitian ini yaitu meningkatkan
hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui deskripsi penerapan pendekatan
STM dengan media gambar pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan
ekonomi di Indonesia, (2) mengetahui aktifitas siswa selama pembelajaran
menggunakan Pendekatan STM pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan
ekonomi di Indonesia, dan (3) mengetahui persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menggunakan pendekatan STM pada mata pelajaran IPS
pokok bahasan kegiatan ekonomi di Indonesia.
Penelitian dilaksanakan di SDN Rambipuji 01 Jember pada siswa kelas V
yang terdiri 39 orang siswa, 22 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitiannya
adalah penelitian tindakan kelas, sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data
dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.
Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 06 Nopember 2010 sampai
dengan 27 Nopember 2010. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa,
aktivitas guru dan skor tes individu. Hasil Penilaian pada siklus I pertemuan pertama,
aktivitas siswa mencapai 79%, aktivitas guru 90%. Pertemuan kedua, aktivitas siswa
mencapai 87%, aktivitas guru 97%. Siklus II pertemuan pertama, aktivitas siswa
mencapai 90%, aktivitas guru 100%. Pertemuan kedua, aktivitas siswa mencapai
92%, aktivitas guru 100%. Analisis hasil evaluasi siklus I mencapai 76,92%, dan
evaluasi siklus II mencapai 94,87%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). penerapan pendekatan STM dengan
media gambar pada pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi di Indonesia
dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menarik minat siswa untuk
belajar, memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa, menumbuhkan
kemampuan siswa dalam berinteraksi serta saling bekerja sama sehingga dapat
mengembangkan keterampilan sosial siswa; 2). pembelajaran menggunakan
pendekatan STM dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam
belajar. Hal ini dapat ditunjukkan pada analisis aktivitas siswa dari awal
pembelajaran hingga berakhirnya pembelajaran. Hasil Penilaian pada siklus I
pertemuan pertama: aktivitas siswa mencapai 79%, pertemuan kedua: aktivitas siswa
mencapai 87%. Siklus II pertemuan pertama: aktivitas siswa mencapai 90%,
pertemuan kedua: aktivitas siswa mencapai 92%; 3). ketuntasan hasil belajar siswa
mengalami peningkatan, pada siklus I ketuntasan belajar secara klasikal mencapai
76,92% dan pada siklus II mencapai 94,87%. | en_US |