Show simple item record

dc.contributor.authorFirdaus Agus Rahman
dc.date.accessioned2014-01-25T04:06:34Z
dc.date.available2014-01-25T04:06:34Z
dc.date.issued2014-01-25
dc.identifier.nimNIM080210204308
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24059
dc.description.abstractPembelajaran IPA di SD pada umumnya masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dan jarang sekali menggunakan media, sehingga motivasi belajar siswa rendah. Berdasarkan hasil observasi di SDN Kebonsari 04 Jember, terdapat permasalahan yang dihadapi oleh siswa yaitu kurangnya motivasi belajar sehingga mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: masih banyak siswa yang tidak terlalu antusias mengikuti dan menyimak pelajaran, proses belajar mengajar berpusat pada guru, kegiatan pembelajaran bersifat konvensional, metode yang digunakan kurang bervariatif dan dalam pembelajaran masih jarang menggunakan media sehingga hal tersebut menyebabkan motivasi dan hasil belajar siswa Kelas IV SDN Kebonsari 04 rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember pada mata pelajaran IPA melalui metode Eksperimen dan Course Review Horay. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 40 anak, terdiri dari 18 laki-laki dan 22 perempuan, Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebonsari 04 Jember, dimulai pada tanggal 12 Agustus 2011 sampai tanggal 2 Desember 2011. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data telah dilakukan dengan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang dianalisis adalah motivasi belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui metode Eksperimen dan Course Review Horay pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember. Peningkatan motivasi belajar siswa tersebut dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 51,75 % dengan kriteria cukup dan pada siklus II mendapat skor rata-rata 65,63% dengan kriteria tinggi. Hal ini berarti motivasi belajar siswa meningkat dari kriteria cukup menjadi kriteria tinggi. Peningkatan pada hasil belajar juga menjadi baik yang dibuktikan dengan ketuntasan hasil belajar 67,5% pada siklus I dan 80% pada siklus II. Saran yang dapat diberikan peneliti untuk dipertimbangkan oleh pihak-pihak yang terkait. Bagi siswa sebagai pengalaman belajar bersama sehingga dapat meningkatkan semangat belajar dan kerja sama, bagi guru sebagai alternatif dalam memilih metode pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, bagi sekolah sebagai informasi dalam pembelajaran dan alternatif metode mengajar untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Bagi peneliti lain, temuan yang didapat dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pengembangan atau masukan bagi penelitian selanjutnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204308;
dc.subjectHASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN COURSE REVIEW HORAY PADA MATA PELAJARAN IPAen_US
dc.titlePENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN COURSE REVIEW HORAY PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN KEBONSARI 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record