ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP SMARTPHONE BLACKBERRY DI KOTA SITUBONDO
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi
Loyalitas Konsumen Terhadap Smartphone BlackBerry di Kota Situbondo”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang
memengaruhi loyalitas konsumen terhadap Smartphone BlackBerry di kota
Situbondo. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna Smartphone
BlackBerry yang berdomisili di kota Situbondo. Metode sampling yang digunakan
adalah purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 90 orang. Variabel
yang digunakan yaitu sebanyak 16 variabel.
Metode analisis yang digunakan adalah analisis faktor. Analisis faktor
digunakan untuk mereduksi data atau meringkas sejumlah variabel menjadi lebih
sedikit dan menamakannya sebagai faktor, namun masih memuat sebagian besar
informasi yang terkandung dalam variabel asli. Dalam penelitian ini analisis
faktor digunakan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang yang
memengaruhi loyalitas konsumen Smartphone BlackBerry untuk tetap bersikap
loyal terhadap Smartphone BlackBerry yang digunakannya.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dari 16 variabel yang diteliti,
dihasilkan 4 faktor baru yang terbentuk, yaitu faktor gaya hidup dan lingkungan
sosial, faktor aplikasi, faktor keunggulan produk, serta faktor kesesuaian
kebutuhan, yang nantinya penelitian ini diharapkan lebih mampu meningkatkan
keempat faktor yang telah dibentuk.