dc.description.abstract | HASIL BELAJAR SISWA
PADA MATA PELAJARAN IPS TOPIK PERKEMBANGAN
TEKNOLOGI PRODUKSI KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI
DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA
TEKNOLOGI PRODUKSI KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI
terdiri dari empat langkah utama yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi
dan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari motivasi belajar siswa, persentase
ketercapaian motivasi belajar siswa dari observasi awal ke siklus I mengalami
peningkatan dan dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan. Motivasi
belajar siswa pada observasi awal yaitu sebesar 2,25 dan mengalami peningkatan
pada siklus I yaitu sebesar 2,88. pada siklus II juga mengalami peningkatan dari
siklus I yaitu sebesar 2,88 menjadi 3,44. Hasil belajarnya juga mengalami
peningkatan dari observasi awal, kemudian dilanjutkan dengan siklus I yang diikuti
oleh 25 siswa dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas IV termasuk dalam
kriteria cukup baik yaitu dari 24 % sebelum tindakan menjadi 68 % setelah tindakan
sisklus I. Hal ini mengalami peningkatan yang cukup baik, sedangkan pada siklus II
mengalami peningkatan yang cukup baik menjadi baik yaitu dari 68 % menjadi 84 %
Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar
siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan metode inkuiri menunjukkan
hasil yang meningkat dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan oleh
peneliti mendapat respon yang positif bagi siswa karena siswa merasa mudah
memahami dan mengerti terhadap materi yang telah diajarkan, metode yang
digunakan oleh peneliti ini dirasa sangat membantu bagi guru kelas dan dengan
adanya penelitian ini guru/lembaga merasa terbantu dengan adanya penelitian yang
diadakan di SD Negeri Gebang 01 Jember. Hal ini juga disebabkan karena
penggunaan metode inkuiri sangat sesuai dengan karakteristik siswa sekolah tersebut. | en_US |