Show simple item record

dc.contributor.authorIrwan Ruslan
dc.date.accessioned2014-01-25T01:18:00Z
dc.date.available2014-01-25T01:18:00Z
dc.date.issued2014-01-25
dc.identifier.nimNIM070210204058
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23827
dc.description.abstractAktivitas belajar yang rendah pada mata pelajaran IPS berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhinya strategi pembelajaran yang digunakan guru kurang membangkitksn keaktifan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil bekajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri pada pokok bahasan Pegelompokan Kegiatan Ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Jember Kidul 04 Kelas V yang terdiri dari 30 siswa, 18 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Proses pembelajarannya siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif yang dianalisis berupa data hasil observasi, data hasil wawancara dan data hasil dokmentasi. Sedangkan deskriptif kuantitatif diperoleh dari data hasil tes individu. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 11 April 2011 sampai 10 Juni 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri Jember Kidul 04. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, aktivitas kelompok dan tes individu. Pada siklus I, untuk aktivitas siswa mencapai 66 %, aktivitas kelompok 66,7 % dan tes individu 23,3 %. Siklus II untuk aktivitas siswa mencapai 79,44 %, aktivitas kelompok 77,8 % dan tes individu 76,67 %. Dari analisis data hasil penelitian untuk post-tes I mencapai 46,67 %, pada siklus II pada post-tes II mencapai sebesar 80 %. Sehingga secara klasikal siswa kelas V mencapai ketuntasan belajar dengan kategori sangat aktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pokok bahasan pengelompokan kegiatan ekonomi. Penerapan pembelajaran inkuiri dengan lembar permasalahan dapat membuat siswa lebih memahami dalam pemahaman konsep dan meningkatkan kemampuan kognitifnya, dan siswa juga dapat berinteraksi dengan baik pada kelompok belajarnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204058;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar, IPS, Pembelajaran Inkuirien_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PENGELOMPOKAN KEGIATAN EKONOMI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS V SEMESTER GENAP DI SDN JEMBER KIDUL 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record