dc.description.abstract | Aktivitas belajar yang rendah pada mata pelajaran IPS berdampak pada
rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhinya strategi
pembelajaran yang digunakan guru kurang membangkitksn keaktifan siswa. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil bekajar siswa
melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri pada pokok bahasan Pegelompokan
Kegiatan Ekonomi.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Jember Kidul 04 Kelas V yang
terdiri dari 30 siswa, 18 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Proses
pembelajarannya siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen. Jenis
penelitiannya menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Teknik
pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif
kualitatif yang dianalisis berupa data hasil observasi, data hasil wawancara dan data
hasil dokmentasi. Sedangkan deskriptif kuantitatif diperoleh dari data hasil tes
individu.
Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 11 April 2011 sampai 10 Juni
2011 dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri Jember Kidul 04. Data yang
dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, aktivitas kelompok dan tes individu.
Pada siklus I, untuk aktivitas siswa mencapai 66 %, aktivitas kelompok 66,7 % dan
tes individu 23,3 %. Siklus II untuk aktivitas siswa mencapai 79,44 %, aktivitas
kelompok 77,8 % dan tes individu 76,67 %.
Dari analisis data hasil penelitian untuk post-tes I mencapai 46,67 %, pada
siklus II pada post-tes II mencapai sebesar 80 %. Sehingga secara klasikal siswa kelas
V mencapai ketuntasan belajar dengan kategori sangat aktif.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan
aktivitas dan hasil belajar pada pokok bahasan pengelompokan kegiatan ekonomi.
Penerapan pembelajaran inkuiri dengan lembar permasalahan dapat membuat siswa
lebih memahami dalam pemahaman konsep dan meningkatkan kemampuan
kognitifnya, dan siswa juga dapat berinteraksi dengan baik pada kelompok
belajarnya. | en_US |