• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Medical
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Medical
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI KURSUS MELUKIS DI SANGGAR MENTARI PAGI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    K (63)k_1fkip.pdf (502.3Kb)
    Date
    2014-01-25
    Author
    ACHMAD LUTFI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Negara Indonesia adalah negara berkembang yang memiliki populasi penduduk yang cukup padat dan negara Indonesia merupakan negara miskin berdasarkan data pendapatan perkapita penduduk 2009. Indonesia diurutan 68 negara termiskin di dunia, hal ini disebabkan pendidikan di Indonesia kurang mendapatkan respon serius terutama dalam bidang pendidikan anak usia dini. Anak usia dini adalah penentu kehidupan di masa akan datang, anak usia dini juga merupakan masa emas dan juga sekaligus masa yang sangat kritis dalam perkembangan anak. Menurut James Kenny dan Mary Kenny (1988:3) anak usia dini adalah mereka yang berusia antara 3-6 tahun sedangkan menurut Benyamin S. Bloom 50% dari semua potensi hidup manusia terbentuk ketika kita dalam kandungan sampai usia 4 tahun, lalu 30% potensi berikutnya terbentuk pada usia 4–8 tahun. Itu berarti 80% potensi dasar manusia terbentuk sebagian besar di dalam pendidikan anak usia dini. Oleh karena itu anak usia dini membutuhkan pendidikan yang sangat serius agar perkembangan kedua otak berjalan seimbang, yaitu otak kiri dan otak kanan. Otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat matematika dan otak kanan berfungsi dalam perkembangan emotional quotient (EQ). Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, dan melukis serta menciptakan ide-ide kreatif. Oleh karena itu kursus melukis dapat mengembangkan perkembangan otak kanan anak yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak sejak usia dini. Permasalahan umum pada penelitian ini adalah bagaimankah peningkatan kretaivitas anak usia dini di Sanggar Lukis Mentari Pagi Kabupaten Jember? maka penelitian ini bertujuan ingin mengetahui peningkatan kreativitas anak usia dini melalui kursus melukis di Sanggar Mentari Pagi Jember. Informan pendukung dan informan kunci, informan kunci yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 11 orang, 10 orang peserta kursus dan 1 orang pemilk sanggar lukis mentari pagi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23804
    Collections
    • UT-Faculty of Medical [1538]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository