• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN BAHAN TAMBAH SERAT SERABUT KELAPA PADA PERKERASAN JALAN HRS – BASE DAN HRS – WC YANG PENGGUNAKAN FILLER ABU BATU KAPUR

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhubA (313)x_1.pdf (412.6Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    Zainur Rohma
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Lataston merupakan lapisan permukaan. Lataston juga disebut HRS (Hot Rolled Sheet) yang terdiri dari dua tipe yaitu HRS tipe A (Wearing Course) dan HRS tipe B ( Base Course ). Secara umum bahan perkerasan campuran HRS – WC dan HRS – Base terdiri dari agregat kasar, agregat halus, bahan pengisi ( Filler), dan aspal. Agregat kasar yang digunakan berupa batu pecah dengan spesifikasi tertentu yang merupakan hasil mesin pemecah batu (Stone Crusher). Agregat halus terdiri dari pasir atau pengayakan batu pecah yang memenuhi spesifikasi sebagai campuran pada lataston. Bahan pengisi (Filler) yang umum digunakan adalah abu batu yang diperoleh dari hasil sampingan mesin pemecah batu. Pemecah agregat menggunakan mesin pemecah (Stone Crusher) menghasilkan abu batu sebagai hasil sampingan tidak seimbang dengan jumlah kebutuhan campuran yang dibutuhkan. penelitian ini menggunakan material pasir Lumajang dengan penambahan serat serabut kelapa yang menggunakan filler abu batu kapur pada pekerjaan HRS – Base & HRS – WC untuk meningkatkan kekuatan aspal dan untuk meningkatkan nilai stabilitasnya. Tujuan penelitian dengan penggunaan bahan tambah serat serabut kelapa yang menggunakan filler abu batu kapur pada perkerasan jalan HRS – Base dan HRS – WC yaitu untuk menentukan pengaruh serat serabut kelapa akan mempengaruhi karakteristik campuran Lataston. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Transportasi Universitas Jember pada bulan mei 2010 sampai bulan Juni 2010. Bahan yang digunakan pada penelitian ini adalah Agregagat kasar, agregat halus, serat serabut kelapa, filler abu batu kapur dan aspal penetrasi 60/70. Penelitian menggunakan proporsi campuran pada HRS – WC 38% (agregat kasar), 62% (Agregat Halus). Serta pada HRS – Base 46% (agregat kasar), 54% (Agregat Halus). Sehingga disimpulkan bahwa serat serabut kelapa dapat digunakan pada pekerjaaan lataston dengan menggunakan filler abu batu kapur baik pada HRS – Base dengan kadar 7,0% dan pada HRS – WC dengan kadar 8,5%. Dari hasil analisa yang diperoleh, bahwa penggunaan kadar serat serabut kelapa optimum ialah pada kadar 1,0 % sampai pada kadar 2,5% dari volume berat sampel pada masing - masing campuran lataston Sehingga kadar serat serabut yang dapat digunakan adalah 2% dan Filler abu batu kapur pada HRS – WC 6,98% dan pada HRS – Base 6,35%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23747
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4211]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository