PENGARUH VARIASI PERBANDINGAN KOMPRESI RUANG BAKAR PADA CAMPURAN BAHAN BAKAR PREMIUM ETANOL TERHADAP UNJUK KERJA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH
Abstract
Mesin yang berbahan bakar alkohol secara teoritis akan memiliki unjuk kerja
yang lebih tinggi atau minimal sama dengan yang berbahan bakar bensin. Hal ini
disebabkan karena ethanol memiliki bilangan oktan yang lebih tinggi sehingga
memungkinkan penggunaan rasio kompresi yang lebih tinggi pada mesin Otto.
Ethanol memiliki angka oktan yang lebih tinggi daripada bensin maka
perbandingan kompresi yang bisa dipakai juga lebih tinggi, dan efisiensi thermal
teoritisnya akan lebih tinggi, sehingga secara teoritis pencampuran ethanol dengan
bensin akan meningkatkan efisiensi mesin.
Hasil pengujian angka oktana (RON = Research Octane Number) bahan bakar
Bensin 88 (E-0) sebesar 88, sedangkan angka oktana bioetanol murni (E-100) adalah
>115 RON, lalu dilakukan denaturasi dengan 2% volume Bensin 88 menjadi 105,5
RON, sedangkan angka oktana campuran bahan bakar Bensin 88 dengan bioetanol
(E-5 s/d E-10) adalah berkisar antara 91,0 s/d 92,7 RON.
Pemakaian ethanol harus di ikuti dengan peningkatan rasio kompresi agar
efisiensi mesin dapat optimal. Variasi kompresi yang digunakan meliputi standart
9,3:1, rasio kompresi 9,8:1, rasio kompresi 10,3:1, dan rasio kompresi 10,8:1. Cara
meningkatkan rasio kompresi dengan menskrap silinder mesin yang bertujuan
mengurangi volume sisa. Prosentase campuran bahan bakar premium dan ethanol
yang digunakan E0, E5, dan E10 (0%, 5%, dan 10%). Dari hasil pengujian dan analisa data diperoleh peningkatan torsi sebesar
6,87% pada rasio kompresi 9,8:1 dengan menggunakan bahan bakar E10 (7,47 Nm)
dibandingkan dengan rasio kompresi standart 9,3:1 dengan bahan bakar E0 (6,99
Nm). Terjadi peningkatan daya efektif sebesar 10,19% pada variasi rasio kompresi
9,8:1 dengan menggunakan campuran bahan bakar E10 (7,57 Hp) dibandingkan
dengan rasio kompresi standart 9,3:1 dengan bahan bakar E0 (6,8 7 Hp).
Konsumsi bahan bakar spesifik efektif pada variasi rasio kompresi 9,8:1
menggunakan bahan bakar E10 (0,24 Kg/Jam) mengalami penurunan sebesar 29,41%
pada putaran 6000 rpm dibandingkan dengan rasio kompresi standart 9,3:1 dengan
bahan bakar E0 (0,34 Kg/Jam).
Efisiensi thermal efektif terjadi peningkatan sebesar 22,96% pada variasi rasio
kompresi 9,8:1 dengan menggunakan bahan bakar E10 dibandingkan dengan rasio
kompresi standart 9,3:1 dengan bahan bakar E0 dengan nilai sebesar 15,65%.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4096]