ANALISIS PETA POSITIONING LABORATORIUM KLINIK PRAMITA UTAMA JEMBER BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN DI KOTA JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui peta positioning
Laboratorium Klinik Pramita Utama Jember menurut persepsi konsumen di Kota
Jember. Dasar yang digunakan dalam penelitian ini yaitu persepsi konsumen
terhadap kemiripan atribut determinan antara lain Product (produk), Price (harga)
Place (lokasi), Service (layanan) dan People (orang). Teknik analisis data
menggunakan Multidimensional scalling (MDS). Responden penelitian sebanyak
30 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang
diperoleh diuji dengan menggunakan metode MDS untuk mengetahui keandalan
dan kesahihan (Validity dan Realibility). Hasil analisis menunjukkan bahwa
Laboratorium Rumah Sakit PTPN X merupakan pesaing terdekat atau pesaing
langsung dari Laboratorium klinik Pramita Utama disebabkan terdapat beberapa
kemiripan terutama pada atribut produk. Sedangkan untuk Laboratorium Rumah
Sakit Dr. Soebandi, Laboratorium Piramida, dan Laboratorium JMC (Jember
Medical Centre) bukan merupakan pesaing langsung dari Laboratorium klinik
Pramita Utama karena memiliki perbedaan yang jelas. Laboratorium Klinik
Pramita Utama Jember memiliki positioning yang kuat atau jelas, karena
mempunyai banyak perbedaan di benak konsumen dibandingkan dengan
Laboratorium klinik lainnya. Hasil dari uji konsistensi dan kesamaan sikap
responden menunjukkan bahwa tidak ada konsistensi jawaban/ kesamaan sikap
antar responden dalam menilai kemiripan Laboratorium klinik Pramita Utama
dibandingkan dengan laboratorium klinik lainnya berdasarkan atribut determinan.