• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA SISWA KELAS V MI AN-NIDHOM SUMBERSARI JEMBER TAHUN 2010

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (36)processed_1.pdf (217.9Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    ABD. ROHMAN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Pelajaran IPS Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Siswa Kelas V MI ANNIDHOM Sumbersari Jember Tahun 2010; Abd. Rohman; 070210204340; 2010: 48 Halaman; Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Kualitas aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa di MI AN-NIDHOM Sumbersari Jember pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial masih rendah, ini disebabkan oleh kurang tepatnya metode atau model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Maka salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran dengan model kooperatif tipe group investigation, meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS pokok bahasan proklamasi kemerdekaan republik Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di MI AN-NIDHOM Sumbersari Jember mulai hari Selasa tanggal 11 Mei 2010 sampai 25 Mei 2010 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa hasil ulangan siswa pada pra tindakan, hasil siklus I dan siklus II, aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada pokok bahasan proklamasi kemerdekaan republik Indonesia di kelas V MI AN-NIDHOM menunjukkan hasil yang baik, karena sesuai dengan teori atau langkah – langkah yang telah ditentukan/diharapkan. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya ketuntasan hasil belajar siswa. Selain itu siswa merasa senang dengan pembelajaran yang diterapkan; 2) pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat ditunjukkan pada analisis aktivitas siswa (bertanya, kerjasama kelompok, diskusi kelompok) dari siklus I sebesar 68% (lampiran L) dan siklus II sebesar 70% (lampiran O) secara klasikal; 3) dari pembelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia diperoleh meningkatnya persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 95% (lampiran R).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23697
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository