PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPERCAYAAN DAN LOYALITAS NASABAH TABUNGAN BRI BRITAMA PADA BANK BRI UNIT KAMPUS UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan untuk menganalisis
pengaruh kualitas layanan terhadap kepercayaan nasabah, kualitas layanan
terhadap loyalitas nasabah, inovasi produk terhadap kepercayaan, inovasi produk
terhadap loyalitas nasabah dan kepercayaan nasabah terhadap loyalitas. Populasi
dalam peneltian ini adalah seluruh nasabah tabungan BRI Britama di BRI Unit
Kampus Universitas Jember. Sementara jumlah sampelnya sebanyak 170
responden yang berpartisifasi dalam penelitian ini. Dalam penentuan sampel
menggunakan sistem purposive sampling. Pengambilan data dari responden dalam
penelitian ini adalah kuisioner, untuk mengolah datanya menggunakan tekni
Structural Equation modeling (SEM) dan program pengolah datanya adalah
program AMOS (Analysis of moment structure) versi 5.0. Hasil yang ditemukan
bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kualitas layanan terhadap kepercayaan
nasabah, kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah, inovasi produk terhadap
kepercayaan nasabah, inovasi produk terhadap loyalitas dan kepercayaan terhadap
loyalitas nasabah.