ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PADA HYPERMARKET CARREFOUR JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul ”Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap
Loyalitas Melalui Kepuasan Pada Hypermarket Carrefour Jember”. Dalam hal ini
objek yang diteliti adalah salah satu perusahaan retail di jember. Tujuan penelitian
ini untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap
kepuasan, pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas, pengaruh kepuasan
terhadap loyalitas. Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil dari
respon/jawaban atas kuesioner pengunjung Hypermarket Carrefour Jember.
Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan
jumlah sampel sebanyak 115 orang. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis
Jalur (Path Analysis) dengan tingkat signifikansi (α) sebesar 5%. Dari hasil
analisis diketahui setiap variabel kualitas layanan berpengaruh positif signifikan
terhadap kepuasan konsumen, setiap variabel kualitas layanan berpengaruh
positif signifikan terhadap loyalitas konsumen, dan variabel kepuasan
berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas.