• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN INSTRUMEN KETERAMPILAN MELUKIS GARIS ISTIMEWA PADA SEGITIGA DAN PENSKORANNYA MENURUT STANDAR PROSES KOMUNIKASI MATEMATIS NCTM (NATIONAL COUNCIL OF TEACHER OF MATHEMATICS) UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

    Thumbnail
    View/Open
    ummikulsum_1st.pdf (680.1Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    Ummi Kulsum
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    NCTM (National Council of Teacher of Mathematics)merupakan sebuah organisasi guru dan pendidik matematika di Amerika Serikat. Pada bulan april tahun 2000, NCTM mengeluarkan prinsip-prinsip dan standar matematika sekolah yang memuat standar isi dan standar proses. Komunikasi merupakan bagian yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Komunikasi merupakan cara berbagi ide dan memperjelas pemahaman. Kemampuan komunikasi yang merupakan salah satu standar proses dalam NCTM matematis dapat diartikan sebagai suatu kemampuan siswa dalam menyampaikan sesuatu yang diketahuinya melalui dialog atau percakapan yang terjadi di lingkungan kelas, dimana terjadi pengalihan pesan. Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP) menekankan pada 3 ranah kompetensi peserta didik yakni ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor. Tetapi, umumnya penilaian yang dilakukan oleh pendidik lebih menekankan pada penilaian ranah kognitif. Hal ini kemungkinan besar disebabkan pendidik kurang memahami penilaian ranah afektif dan psikomotor. Oleh karena itu perlu adanya acuan untuk mengembangkan instrumen penilaian psikomotor. Pengembangan Instrumen ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menganalisis proses dan hasil pengembangan instrumen keterampilan melukis garis istimewa pada segitiga dan penskorannya menurut standar proses komunikasi matematis NCTM. Instrumen ini disusun berdasarkan indikator langkah-langkah yang harus dicapai dalam melukis garis istimewa pada segitiga dan penskorannya yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri Sukorambi kelas VII E yang berjumlah 12 siswa serta 3 orang guru mata pelajaran matematika. Penelitian pengembangan ini menggunakan Metode Plomp yang terdiri dari 5 fase. Fase yang pertama adalah fase investigasi awal yaitu perumusan instrumen keterampilan melukis garis istimewa pada segitiga dan penskorannya menurut standar proses komunikasi matematis NCTM. Dilanjutkan dengan fase desain yakni fase merancang semua aspek yang diperlukan untuk pengembangan instrumen mulai dari merancang dan membuat kisi-kisi instrumen, merancang lembar validasi, angket dan soal tes. Fase berikutnya adalah fase realisasi (konstruksi). Pada fase ini dilakukan konstruksi instrumen keterampilan melukis garis istimewa pada segitiga dan penskorannya hingga siap divalidasi, konstruksi lembar validasi, angket dan soal tes. Setelah fase konstruksi dilalui, dilakukan fase tes, revisi, dan evaluasi yang terdiri dari 2 kegiatan utama yaitu validasi instrumen dan uji coba instrumen yang telah divalidasi. Validasi instrumen dilakukan oleh 3 validator (ahli) terhadap instrumen keterampilan melukis garis istimewa pada segitiga dan penskorannya menurut standar proses komunikasi matematis NCTM. Hasil validasi berupa koefisien validitas instrument. Koefisien validitas pada instrumen keterampilan melukis garis istimewa pada segitiga sebesar 0,8245 dan koefisien validitas pada instrumen penskorannya sebesar 0,8254. Persentase kepraktisan pada instrumen keterampilan melukis garis istimewa dan penskorannya masing-masing sebesar 100%. Persentase keefektifan penerapan langkah melukis garis istimewa pada segitiga pada tahapan melukis, soal nomor 1, 2, 3 dan 4 berturut-turut adalah 90%, 89,7%, 85%, 92,75%. Sedangkan persentase pemberian skor pada instrumen penskoran keterampilan melukis garis istimewa pada segitiga menurut standar proses komunikasi matematis NCTM dari tahapan melukis, soal nomor 1, 2, 3 dan 4 berturut-turut adalah 92,8%, 93,5%, 88,4%, 92,75% . Prototipe akhir yang didapat dari penelitian pengembangan ini adalah instrumen keterampilan melukis garis istimewa pada segitiga menurut standar proses komunikasi matematis NCTM dan penskorannya yang telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23659
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15429]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository