DAMPAK KURSUS KOMPUTER TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI LEMBAGA KURSUS KOMPUTER AL_BAROKAH EDUCATION CENTER PANJI SITUBONDO TAHUN 2012
Abstract
Kehadiran teknologi informatika dalam pembelajaran merupakan tantangan
tersendiri bagi dunia pendidikan, tuntutan dalam menjawab globalisasi pendidikan
telah hadir di depan mata. Berbagai perangkat komputer beserta koneksinya dapat
menghantarkan peserta belajar secara cepat dan akurat apabila dimanfaatkan secara
benar dan tepat. Untuk itu, dibutuhkan sumberdaya manusia yang tanggap terhadap
perkembangan teknologi.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah dampak kursus
komputer terhadap perkembangan kognitif anak di lembaga kursus komputer
Al_Barokah Education Center Panji Situbondo. Adapun tujuan yang hendak dicapai
adalah untuk mengetahui dampak kursus komputer terhadap perkembangan kognitif
anak yang mengikuti kursus komputer di lembaga kursus komputer Al_Barokah
Education Center Panji Situbondo. Manfaat penelitian yaitu memaparkan kegunaan
hasil penelitian yang akan dicapai baik bagi untuk kepentingan ilmu, kebijakan
pemerintah maupun masyarakat.
Kursus komputer terbagi menjadi empat indikator yaitu: a. peencanaan, b.
pelaksanaan, c. evaluasi, dan d. pengembangan. Sedangkan perkembangan kognitif
anak terbagi menjadi enam indikator, yaitu: a. pengetahuan, b. pemahaman, c.
penerapan, d. analisis, e. sintesis, dan f. evaluasi.
Penentuan tempat penelitian yang digunakan adalah purposive sampling.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitiannya
adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode regresi sederhana.
vii
Adapun hasil penelitian dari Dampak Kursus Komputer Terhadap
Perkembangan Kognitif Anak di Lembaga Kursus Kompuetr Al_Barokah Education
Center Panji Situbondo adalah Dari penelitian yang dilakukan dengan analisis
koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 0,754. Hasil tersebut dapat disimpulkan
bahwa kemampuan variabel bebas yaitu kursus komputer dalam
menubuhkembangkan kognitif anak sebesar 75,4% yang juga bisa dikatakan
berdampak sangat tinggi sekali bagi perkembangan kognitif anak.
Dapat disimpulkan bahwa kursus komputer mempunyai dampak yang sangat
tinggi terhadap perkembangan kognitif anak di lembaga kursus komputer
Al_Barokah Education Center Panji Situbondo.
Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang dapat diberikan adalah
Lembaga Kursus Komputer Al_Barokah Education Center khususnya bagi
pengembang hendaknya lebih giat lagi untuk mempromosikan program kursus
Komputer tersebut, agar para masyarakat dapat mengetahui betapa pentingnya kursus
komputer bagi peningkatan kognitif anak dan dapat memberikan motivasi kepada
peserta kursus agar para peserta tersebut lebih giat dalam mengikuti kursus
computer