HUBUNGAN ANTARA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOMPUTER DENGAN KECAKAPAN HIDUP ( LIFE SKILL) WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C KELAS X DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Mengingat kemajuan dalam bidang ilmu dan teknologi membawa pengaruh
cukup besar dalam bidang pendidikan termasuk Pendidikan Luar Sekolah,
kehadiran teknologi dan informasi pada dasarnya mempertegas peran pendidikan
non formal dalam jagad pendidikan nasional. Kemudahan mengakses layanan
informasi tanpa dibatasi ruang dan kemampuan menjangkau kawasan yang tak
terjangkau menjadikan pendidikan non formal sebagai alternatif melalui
pemanfaatan teknologi informasi. Pembelajaran komputer perlu bagi warga
belajar pendidikan luar sekolah salah satunya bagi warga belajar kejar paket C
kelas X di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso agar memiliki
kemampuan yang mantap dalam pelayanan komputer. Dimana bekal utama dalam
kehidupan di era teknologi dan globalisasi saat ini yang dirasa sangat penting
adalah kecakapan hidup atau sering disebut dengan life skill. Life skill adalah
pendidikan yang memberikan kecakapan personal, kecakapan sosial, kecakapan
intelektual, dan kecakapan vokasional untuk bekerja atau usaha mandiri.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan penelitian dapat
dirumuskan sebagai berikut, “adakah Hubungan Antara Pelaksanaan
Pembelajaran Komputer Dengan Kecakapan Hidup (Life Skill) Warga Belajar
Kejar Paket C Kelas X di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso Tahun
Pelajaran 2010/2011?. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara
pelaksanaan pembelajaran komputer dengan kecakapan hidup (life skill) warga
belajar kejar paket c kelas x di sanggar kegiatan belajar kabupaten bondowoso
tahun pelajaran 2010/2011.
Dalam penelitian ini responden diambil dengan teknik purposive sampling.
Berdasarkan kriteria yang ditentukan maka yang akan dijadikan responden dalam
penelitian ini yaitu 15 Warga Belajar dari 24 Warga Belajar Kejar Paket C Kelas
X di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2010/2011.
Lokasi yang dijadikan tempat sebagai penelitian adalah di Unit Pelaksana Teknis
Dinas Sanggar Kegiatan Belajar jalan Letnan Rantam nomor 01 Kabupaten
Bondowoso. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data
sekunder. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
angket, observasi, dan dokumentasi. Desain yang digunakan penulis dalam
penelitian ini adalah penelitian korelasional. Teknik analisis data secara
inferensial kuantitatif dengan korelasi tata jenjang.
Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis korelasi Tata
Jenjang/Spearman’s Rho tentang pelaksanaan pembelajaran komputer dengan
kecakapan hidup (life skill) warga belajar kejar paket C kelas X diperoleh hasil
rho
0,817 dengan tingkat korelasi tinggi. Dalam penelitian ini perlu
disampaikan beberapa saran yaitu pelaksanaan pembelajaran komputer agar lebih
ditingkatkan kualitasnya agar kecakapan hidup (life skill) warga belajar kejar
paket C kelas X dapat lebih meningkat sesuai dengan tuntunan zaman dan dapat
bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. Dengan demikian dalam
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Ada Hubungan Antara Pelaksanaan
Pembelajaran Komputer Dengan Kecakapan Hidup (Life Skill) Warga Belajar
Kejar Paket C Kelas X di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso. Bagi
Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten
Bondowoso tahun pelajaran 2010/2011.