ENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PENGGOLONGAN MAKHLUK HIDUP MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS III SDN KALIWINING 07 RAMBIPUJI JEMBER TAHUN PELAJARAN 20011/2012
Abstract
Dari hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas III untuk pelajaran
IPA, siswa yang memiliki nilai hasil belajar rendah didasari beberapa kriteria
antara lain rata-rata nilai ulangan harian IPA di bawah KKM, kesulitan dalam
mencerna pelajaran, siswa tidak berminat pada mata pelajaran IPA, dan memiliki
pemahaman yang lambat terhadap pelajaran. Selain itu, rendahnya hasil belajar
siswa juga disebabkan beberapa faktor, yaitu guru tidak menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai, dalam pembelajaran berlangsung guru hanya
berceramah dan memberi tugas, dan tidak menggunakan media dalam
pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat dirumuskan suatu
permasalahan: 1) Bagaimana peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran
IPA pokok bahasan penggolongan makhluk hidup menggunakan metode
demonstrasi dengan media puzzle di kelas III SDN Kaliwining 07 Rambipuji
Jember, 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA
pokok bahasan penggolongan makhluk hidup menggunakan metode demonstrasi
dengan media puzzle di kelas III SDN Kaliwining 07 Rambipuji Jember.
Oleh karena itu peneliti bersama guru kelas sepakat untuk menggunakan
metode demonstrasi dengan media puzzle dalam proses pembelajaran. Hal ini
didasarkan pada beberapa pertimbangan, antara lain metode demonstrasi berbeda
dengan metode ceramah, akan tetapi metode tersebut bisa di padukan. Metode
demonstrasi menjadi kurang efektif apabila tidak diikuti oleh aktivitas siswa
sendiri yang ikut memperhatikan dan menjadikan aktivitas mereka sebagai
pengalaman yang berharga. Sedangkan media memiliki peranan penting untuk
meningkatkan prestasi belajar siswa yakni, untuk mempermudah dalam
penyampaian materi serta pemahaman siswa. Salah satu media pembelajaran
adalah media puzzle. Penggunaan media puzzle dapat menvisualisasikan tentang
topik yang sedang dipelajari, khususnya pokok bahasan penggolongan makhluk
hidup yang berupa gambar hewan dan tumbuhan.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk peningkatkan minat belajar
siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan penggolongan makhluk hidup
menggunakan metode demontrasi dengan media puzzle di kelas III SDN Kaliwining
07 Rambipuji Jember, 2) Untuk peningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPA pokok bahasan penggolongan makhluk hidup menggunakan metode
demontrasi dengan media puzzle di kelas III SDN Kaliwining 07 Rambipuji Jember.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan
sebanyak 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Kaliwining 07
Rambipuji Jember, yang terdiri dari 25 siswa. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok
yang heterogen.Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan
dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 24 Nopember 2011 sampai
dengan 09 Desember 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Kaliwining
07 Rambipuji Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian tes individu.
Pada siklus I persentase minat siswa sebesar 65,5%, sedangkan hasil
belajar siswa mencapai 56%. Pada siklus II persentase minat siswa sebesar 92,75%,
sedangkan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 92%, sehingga secara
klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar ≥ 65.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Setelah diterapkan metode
demontrasi dengan media puzzle, maka minat belajar IPA siswa kelas III SDN
Kaliwining 07 Rambipuji Jember mengalami peningkatan, 2) Setelah diterapkan
metode demontrasi dengan media puzzle, maka hasil belajar IPA siswa kelas III
SDN Kaliwining 07 Rambipuji Jember mengalami peningkatan. Saran berdasarkan
hasil penelitian ini adalah: 1) Metode demontrasi dengan media puzzle dapat
dijadikan alternatif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran IPA pada materi
lain, karena dapat membuat siswa lebih tertarik dan berminat dalam mengikuti
proses pembelajaran di kelas, 2) Penerapan metode demontrasi dengan media puzzle
dalam kegiatan belajar mengajar dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa,
karena siswa dapat terlibat dalam pembelajaran dengan perasaan senang dan suka
terhadap pembelajaran IPA