Show simple item record

dc.contributor.authorSAIRI
dc.date.accessioned2014-01-24T07:35:19Z
dc.date.available2014-01-24T07:35:19Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM080210274033
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23603
dc.description.abstractDari hasil pengamatan pra siklus yang telah dilaksanakan di kelas V SDN Tegalgede 02 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember terdapat beberapa permasalahan dalam pembelajaran dikelas antara lain hasil belajar klasikal siswa rendah (62,8%) yang masih jauh dari KKM yang ditetapkan sekolah (80%) dan aktifitas belajar siswa juga rendah. Selain itu metode yang digunakan guru juga masih bersifat konvensional./ceramah saja. Penelitian ini menggunakan penelitian yang berbasis kelas atau Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan penggunaan model pembelajaran Problem Basic Learning ( PBL) dengan Eksperimen. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan kegiatan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (actions), observasi dan refleksi. Object yang menjadi penelitian adalah siswa kelas V SDN Tegalgede 02 yang berjumlah 32 orang (13 laki-laki dan 19 perempuan). Dari pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus 1 dan siklus 2 diperoleh hasil yang sangat signifikan. Indikasi ini berupa adanya peningkatan hasil belajar siswa dari 62,3% (pra siklus) menjadi 96,8% pada akhir siklus 2 dan aktifitas belajar siswa dari 21,8% (pra siklus) menjadi 93,7% diakhir siklus 2. Secara umum pelaksanaan perbaikan pembelajaran di kelas 5 SDN Tegalgede 02 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember berhasil dengan baik sesuai dengan tujuan dari penelitian yang telah ditetapkan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274033;
dc.subjectGaya Magneten_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG GAYA MAGNET MELALUI PENERAPAN METODE KOMBINASI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN EKSPERIMEN KELAS 5 SDN TEGALGEDE 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record