• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    DETAIL DESAIN BUNDARAN LALU LINTAS UNIVERSITAS JEMBER (DOUBLE WAY-JL. KALIMANTAN)

    Thumbnail
    View/Open
    salimnovel_1st.pdf (630.9Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    Salim Novel
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Re-Desain Master Plan Universitas Jember 2005-2015 menyebutkan bahwa rencana penempatan bundaran lalu-lintas pada persimpangan pintu masuk utama Kampus UNEJ. Bundaran dipilih karena memiliki beberapa manfaat dan memberikan keuntungan dalam meniadakan atau mengurangi titik-titik konflik pada suatu persimpangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan detail desain rancangan dan melakukan analisis secara teknis unjuk kerja kinerja bundaran lalu-lintas untuk pola sirkulasi maksimum yaitu satu akses masuk Kampus UNEJ (Jl. Kalimantan) serta menganalisis standar kriteria kinerja bundaran untuk beberapa tahun ke depan dengan volume arus lalu-lintas dipengaruhi oleh tingkat pertumbuhan mahasiswa Universitas Jember sebesar 3,91 %. Metode yang digunakan untuk proses analisa dan pemetaan adalah metode MKJI (Manual Kapasitas Jalan Indonesia). Hasil analisis menyebutkan bahwa desain bundaran hasil rancangan pada tahun 20013, 2018, dan 2023 telah memenuhi kriteria standart angka derajat kejenuhan pada masing-masing bagian jalinan yang distandartkan (DS ≤ 0,75). Kondisi kritis desain bundaran hasil rancangan terjadi pada tahun 2027 dan tahun 2023 dengan angka derajat kejenuhan yang melebihi distandartkan yaitu, 0,79 dan 0,97 (DS ≥ 0,75). Kondisi tersebut terjadi pada bagian jalinan AB dan BC (Jl. Kalimantan segmen Double-Way dengan Bundaran DPRD). Dengan demikian, strategi manajemen lalu-lintas dengan pola sirkulasi satu akses masuk Kampus Universitas Jember dari satu pintu masuk (double way - Jl. Kalimantan) masih dalam persyaratan derajat kejenuhan dibawah 0,75 sehingga kondisi arus lalu-lintas dalam bundaran stabil dan dapat dilanjutkan pada tahap pendetailan desain bundaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23602
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4262]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository