• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) BERNUANSA UKTIVIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BERNUANSA UKTIVIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENERAPAN STRATEGI KONSTR UKTIVIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL KELAS VII SMP LINIER SATU VARIABEL NEGERI 3 TAMANAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2010/2011 SMP

    Thumbnail
    View/Open
    salwatulai_1.pdf (543.2Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    Salwatul Aisyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan adalah upaya sadar yang dilakukan agar peserta didik atau siswa dapat mencapai tujuan tertentu, yang dalam pelaksanaanya memerlukan wahana untuk pencapaiannya. Matematika merupakan salah satu wahana pendidikan yang tidak hanya dapat digunakan untuk mencapai satu tujuan, misalnya mencerdaskan siswa, tetapi dapat pula untuk membentuk kepribadian siswa serta mengembangkan keterampilan tertentu. Strategi Think-Talk-Write (TTW) bernuansa konstruktivis merupakan suatu model pembelajaran yang mempunyai tiga langkah penting dalam pelaksanaannya yaitu berpikir, berdiskusi dan menulis. Strategi Think-Talk-Write (TTW) bernuansa konstruktivis ini melatih siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan atau pemahaman sesuai dengan pola pikir mereka. Kemudian pengetahuan yang mereka bangun secara individu akan didiskusikan dalam kelompok sehingga diperoleh kesamaan pengetahuan baru antara anggota kelompok yang kemudian ditulis sesuai dengan pola pikir dan bahasa mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan strategi Think-Talk-Write (TTW) bernuansa konstruktivis pada pokok bahasan sistem persamaan linier satu variabel, untuk mengkaji aktivitas siswa saat mengikuti pembelajaran kooperatif strategi Think - Talk - Write bernuansa kontruktivis pada pokok bahasan sistem persamaan linier satu variabel dan untuk mengkaji apakah penerapan strategi Think - Talk - Write bernuansa kontruktivis dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linier satu variabel. x Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan bertempat di SMP Negeri 3 Tamanan. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 48 orang, jumlah siswa laki-laki 24 orang dan jumlah siswi perempuan 24 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa secara individu maupun kelompok selama pembelajaran, hasil wawancara dan hasil tes siswa untuk melihat peningkatan hasil belajar. Adapun pengambilan data dimulai pada tanggal 3-24 Agustus 2010. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas siswa dan guru/peneliti. Wawancara dilakukan pada 3 orang siswa yaitu perwakilan dari siswa yang memperoleh nilai tinggi, sedang dan rendah. Wawancara dilakukan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap strategi pembelajaran yang diterapakn oleh guru dan kesulitan yang dialami siswa, sedangkan wawancara pada guru untuk mengetahui tanggapan guru terhadap strategi yang diterapakn dikelas VII A. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang dilakukan didapat kesimpulan yaitu dari penerapan strategi Think - Talk – Write bernuansa konstruktivis dapat meningkatkan antusias siswa dalam pembelajaran, siswa merasa senang dan siswa aktif dalam keterlibatan pembelajaran. Aktivitas siswa selama pembelajaran berada pada kategori aktif dengan rata-rata nilai 79,98 pada siklus II, sedangkan untuk aktivitas kelompoknya berada pada kategori sangat aktif dengan rata-rata 86,25 pada siklus II. Dengan kata lain, aktivitas siswa dan aktivitas kelompok mengalami peningkatan pada siklus II. Hal ini juga terlihat dari peningkatan rata-rata kelas secara klasikal pada siklus I sebesar 72,58 meningkat menjadi 82,07 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Think - Talk – Write bernuansa konstruktivis pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Satu Variabel pada siswa kelas VII A SMPN 3 Tamanan terbukti dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23598
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15429]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository