Show simple item record

dc.contributor.authorSaiful Anwar
dc.date.accessioned2014-01-24T07:15:59Z
dc.date.available2014-01-24T07:15:59Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM050210101304
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23591
dc.description.abstractSalah satu dampak perkembangan teknologi dan komunikasi dalam dunia pendidikan adalah munculnya konsep e-learning. Namun begitu e-learning masih lambat perkembanganya dikarenakan mahalnya komputer dan koneksi internet di Indonesia. Koneksi Internet dengan menggunakan ponsel menjadi solusi akses internet yang mudah dan murah didukung perkembangan aplikasi ponsel yang membuat ponsel selain dapat digunakan sebagai media komunikasi dan hiburan juga sebagai media pembelajaran. Geometri mempelajari hubungan antara titik, garis, bidang dan berbagai hal yang muncul akibat adanya hubungan tersebut, misalnya sudut dan jarak. Konsep geometri yang bersifat abstrak membuat siswa mengalami kesulitan dalam memelajari dan memahami geometri. Hal ini dikarenakan siswa cenderung untuk memahami bangun ruang seperti mereka memahami bangun datar. Untuk itu diperlukan suatu media yang dapat menjelaskan konsep keruangan menjadi lebih konkrit. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil pengembangan dan interpretasi hasil uji coba desain media pembelajaran matematika berbasis WAP dengan aplikasi J2ME pada Sub Pokok Bahasan Jarak dalam ruang Dimensi Tiga SMA Kelas X Semester 2. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan menginterpretasikan media pembelajaran matematika berbasis WAP dengan aplikasi J2ME. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis WAP dengan aplikasi J2ME ini adalah Microsoft Office Word 2007, NetBeans v6.9.1 IDE, Notepad++ v5.1.3, Adode Photoshop v7.0, WAP Proof, Opera v10.53, XAMPP v1.7.3, Easy Capture v1.2.0, Mobile Designer v2.0. Hasil dari pengembangan ini berupa situs pembelajaran WAP disertai situs admin dan aplikasi vii http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id J2ME(*.jar) yang dapat dijalankan pada ponsel-ponsel dengan spesifikasi mempunyai browser WAP dan kompatibel dengan java. Tahap-tahap pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini mengacu pada pengembangan model yang dikembangkan oleh Plomp. Model tersebut terdiri dari 5 fase yaitu: (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi/konstruksi, (4) fase tes , evaluasi, dan revisi, dan (5) fase implementasi. Fase evaluasi dan revisi pada penelitian ini melalui dua tahap yaitu konsultasi dengan dua orang pakar yaitu pakar pembelajaran matematika dan pakar teknologi. Fase implementasi dilakukan uji coba produk terhadap 8 orang siswa kelas X SMA Negeri Kalisat. Teknik analisis data menggunakan analisis isi terhadap data kualitatif hasil wawancara dan analisis statistik deskriptif untuk menganalisis data hasil angket penilaian. Analisis statistik deskriptif menggunakan analisis persentase untuk menentukan kualifikasi komponen produk media pembelajaran ini. Hasil dari angket dengan pakar pembelajaran matematika 82,50% (kualifikasi baik), pakar teknologi 87,50% (kualifikasi baik), dan tahap uji coba produk 79,62% (kualifikasi baik). Produk akhir dari media pembelajaran matematika berbasis WAP dengan aplikasi J2ME ini terdiri dari situs WAP yang dapat diakses secara online dengan alamat http://mathmobi.co.cc/wap/ , situs admin dengan alamat http://mathmobi.co.cc/ dan aplikasi J2ME dengan format *.jar. Media ini bersifat interaktif, terorganisir, menarik, user friendly, variatif, inovatif, dan dapat digunakan pada berbagai jenis ponsel. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jemberen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210101304;
dc.subjectDesain Mediaen_US
dc.titlePENGEMBANGAN DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WIRELESS APPLICATION PROTOCOL(WAP) DENGAN APLIKASI JAVA 2 MICRO EDITION (J2ME) PADA SUB POKOK BAHASAN JARAK DALAM RUANG DIMENSI TIGA SMA KELAS X SEMESTER 2en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record