PENGARUH KUALITAS JASA DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA CV. LUKMAN JAYA MEDIA JEMBER
Abstract
CV. Lukman Jaya Media Jember adalah perusahaan swasta yang bergerak
dalam bidang jasa, khususnya percetakan Penelitian ini merupakan penelitian
asosiatif kausal, yaitu penelitian yang menghubungkan dua variabel, dan bersifat
sebab akibat dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Obyek penelitian ini yaitu
konsumen CV. Lukman Jaya Media Jember
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh
pengaruh kualitas jasa dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada CV.
Lukman Jaya Media Jember secara simultan dan parsial. Data primer diperoleh
melalui metode kuesioner dari 100 responden, yaitu konsumen CV. Lukman Jaya
Media Jember. Data yang telah diolah kemudian di analisis dengan menggunakan
rumus analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Pada penelitian
ini analisis yang digunakan adalah uji instrument penelitian dengan uji validitas dan
reabilitas, analisis regresi linear berganda, uji F, uji t serta uji asumsi klasik dengan
uji multikolinieritas, heterokedastisitas, autokorelasi, dan normalitas.
Berdasarkan pada hasil perhitungan, diperoleh hasil hipotesis sesuai dengan
yang telah dirumuskan dan dapat dinyatakan bahwa kualitas jasa (X1) dan Harga
(X2) secara simultan terhadap keputusan konsumen CV. Lukman Jaya Media sebesar
12,614 maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Diketahui
dari hasil uji t bahwa variabel yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap
pengambilan keputusan pembelian adalah variabel harga (X2) yaitu dengan nilai t
hitung sebesar 4,718. Sedangkan variabel kualitas jasa (X1) tidak mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen