Show simple item record

dc.contributor.authorTitie Dwimayanti
dc.date.accessioned2014-01-24T06:31:39Z
dc.date.available2014-01-24T06:31:39Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM070210204067
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23537
dc.description.abstractObservasi awal menunjukkan adanya permasalahan dalam IPS yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB dikarenakan pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa hanya mendengarkan, mencatat dan mematuhi perintah guru, sehingga siswa merasa bosan, dan kebanyakan guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa memadukan dengan metode yang lainnya sehingga siswa tidak memperhatikan materi yang diajarkan oleh guru itulah yang menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah dan tidak mencapai standar ketuntasan belajar klasikal. Masalah tersebut perlu diatasi agar siswa aktif dalam pembelajaran dan hasil belajarnya meningkat. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe (student team achievement division) STAD. Alasan dipilihnya metode pembelajaran kooperatif tipe STAD ini karena dalam pengimplementasiannya siswa dituntut untuk bekerjasama dalam satu kelompok dan megeluarkan pendapat untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, sehingga mereka bisa mendapatkan hasil yang baik. Berdasarkan alasan yang dikemukakan, penelitian ini mengangkat permasalahan yaitu, 1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar IPS pokok bahasan perekonomian masyarakat dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) pada siswa kelas IVB SDN Sumberjati 01 Jember 2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPS pokok bahasan perekonomian masyarakat dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division STAD pada siswa kelas IVB SDN Sumberjati 01. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IVB pokok bahasan perekonomian masyarakat di SDN Sumberjati 01dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement division). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK), pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap nilai tes siklus I dan nilai tes siklus II, dan hasil analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPS berlangsung. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pokok bahasan perekonomian masyarakat pada dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar pada siklus I sudah memenuhi Standar Ketuntasan Minimal, sedangkan pada siklus II aktivitas dan hasil belajar siswa kembali mengalami peningkatan. Pelaksanaan siklus II ini merupakan siklus pemantapan karena pada siklus I sudah tuntas, maka siklus II dilakukan sebagai pemantapan. Saran Bagi guru agar dapat menerapkan metode pembelajaran tipe STAD pada mata pelajaran lain dengan teknik mengajar dan pemilihan media pembelajaran yang dianggap cocok dan yang sesuai dengan pokok bahasan yang akan diajarkan. Bagi siswa dalam belajar secara berkelompok hendaknya siswa harus aktif dan bekerja secara bersana-sama, apabila ada teman dalam satu kelompok yang kurang mengerti maka teman yang lain harus membantu supaya dapat menyelesaikan tugas dengan baik. Bagi peneliti lain, agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan rujukan dalam melakukan penelitian yang sejenis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204067;
dc.subjectIMPLEMENTASI METODEen_US
dc.titleIMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PADA SISWA KELAS IVB SEMESTER 2 SDN SUMBERJATI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record