• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MEDIA BLOG PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KOMPETENSI DASAR PERMINTAAN DAN PENAWARAN UNTUK SISWA KELAS X REKAYASA PERANGKAT LUNAK DI SMK PGRI 05 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    r (161)r_1.pdf (1.658Mb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    ANDHIKA WAHYUDIONO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran untuk siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak di SMK PGRI 05 Jember kurang menarik sehingga mengakibatkan tujuan pembelajaran tidak tercapai. Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan metode dan media konvensional dalam pembelajaran ekonomi. Metode yang digunakan adalah ceramah disertai tugastugas dan media gambar sehingga pembelajaran ekonomi tidak mencapai tujuan pembelajaran. Perkembangan teknologi informasi dan komunikaasi juga mendorong pada perkembangan media pembelajaran yang digunakan guru. Salah satu media pembelajaran berbasis TI adalah media blog yang dapat digunakan untuk menyajikan materi pembelajaran dalam bentuk gambar, video dan studi kasus. Kelebihan yang diberikan media blog juga sesuai dengan kebutuhan guru dalam menjelaskan materi ekonomi secara lebih uptodate. Tujuan penelitaan pengembangan ini adalah untuk mengetahui efektivitas, efisiensi dan daya tarik media blog dalam pembelajaran ekonomi kompetensi dasar permintaan dan penawaran di SMK PGRI 05 Jember .Spesifikasi produk belajar berupa manual media blog, bahan ajar dan bahan tes. Media blog yang dikembangakan perlu diujicoba baik secara terbatas maupun lebih luas.. Metode pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini yaitu metode tes, metode wawancara dan metode angket. Analisis data dalam penelitian pengembangan menggunakan t-test untuk mengetahui efektivitas media blog. Untuk mengetahui efsiensi media blog dengan wawancara dan untuk mengetahui kemenarikan media blog menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan media blog efektif dalam pembelajaran ekonomi ditunjukkan nilai t-hitung > t-tabel. Hasil penelitian menunjukkan media blog efisien dalam pembelajaran ekonomi yang ditunjukkan waktu dalam pembelajaran menjadi singkat. Hasil penelitian menunjukkan media blog menarik dalam pembelajaran ekonomi yang ditunjukkan dengan siswa menjadi termotivasi untuk mempelajari mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil penilaian diatas dapat disimpulkan media blog tepat dan sesuai dalam pembelajaran ekonomi kompetensi dasar permintaan dan penawaran untuk siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak di SMK PGRI 05 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23529
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository