EMBELAJARAN MATEMATIKA BERASOSIASI PAIKEM DENGAN MENERAPKAN TEORI BELAJAR BRUNNER GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM SUB BAB MEMBACA TANDA WAKTU PADA SISWA KELAS III SDN KALIWATES 01
Abstract
Proses pembelajaran matematika di SDN kaliwates 01 Jember sering
menggunakan pembelajaran guru sentris dimana siswa tidak diberi kesempatan untuk
aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil
belajar matematika siswa dengan pembelajaran berasosiasi PAIKEM dengan menerapkan
teori belajar Brunner. Penelitian ini juga bertujuan mengetahui ketuntasan hasil belajar
matematika siswa dengan penerapan pembelajaran berasosiasi PAIKEM dengan
menerapkan teori belajar Brunner kelas III semester 1 SDN Kaliwates 01 Jember.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN kaliwates 01 jember pada bulan NovemberDesember.
Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III.1 semester I tahun pelajaran
2009/2010, sebanyak 27 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan
kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom
Action Research (CAR). Penelitian ini menggunakan model skema Hopskin dimana
penelitian tindakan dilasanakan berupa proses yang terdiri dari empat tahap. Pelaksanaan
terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, dimana masing-masing siklus terdiri
dari empat tahap utama yaitu perencanaan, tindakan, menagamati dan refleksi.
Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes, observasi dan wawancara.
Analisis data dilakukan untuk menghitung aktivitas siswa dan persentase ketuntasan
menggunakan analisis deskripsi kuantitatif yaitu hanya berdasarkan nilai lembar kerja
dan nilai tes formatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar matematika siswa
mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, persentase aktivitas siswa
sebesar 54,20% dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 64,35% . Peningkatan
aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 10,15%, sedangkan hasil belajar
pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 74,52% , siklus II meningkat menjadi 75,74% .
Peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II sebesar 1,22%. Hasil belajar
matematika siswa dapat mencapai ketuntasan sesuai kriteria ketuntasan minimal ≥ 65
dengan persentase ketuntasan hasil belajar siklus I sebesar 85,19%, siklus II meningkat
menjadi 92,59%. Peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke
siklus II sebesar 7,4%. Kesimpulan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN
Kaliwates 01 kecamatan Kaliwates kabupaten Jember pada tahun pelajaran 2009/2010
dengan penerapan pembelajaran berasosiasi PAIKEM dengan menggunakan teori belajar
Brunner mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.