• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EMBELAJARAN MATEMATIKA BERASOSIASI PAIKEM DENGAN MENERAPKAN TEORI BELAJAR BRUNNER GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM SUB BAB MEMBACA TANDA WAKTU PADA SISWA KELAS III SDN KALIWATES 01

    Thumbnail
    View/Open
    r (168)r_1.pdf (426.8Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    Andi Eko Pramono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran matematika di SDN kaliwates 01 Jember sering menggunakan pembelajaran guru sentris dimana siswa tidak diberi kesempatan untuk aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran berasosiasi PAIKEM dengan menerapkan teori belajar Brunner. Penelitian ini juga bertujuan mengetahui ketuntasan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran berasosiasi PAIKEM dengan menerapkan teori belajar Brunner kelas III semester 1 SDN Kaliwates 01 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN kaliwates 01 jember pada bulan NovemberDesember. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III.1 semester I tahun pelajaran 2009/2010, sebanyak 27 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian ini menggunakan model skema Hopskin dimana penelitian tindakan dilasanakan berupa proses yang terdiri dari empat tahap. Pelaksanaan terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahap utama yaitu perencanaan, tindakan, menagamati dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes, observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan untuk menghitung aktivitas siswa dan persentase ketuntasan menggunakan analisis deskripsi kuantitatif yaitu hanya berdasarkan nilai lembar kerja dan nilai tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, persentase aktivitas siswa sebesar 54,20% dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 64,35% . Peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 10,15%, sedangkan hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 74,52% , siklus II meningkat menjadi 75,74% . Peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II sebesar 1,22%. Hasil belajar matematika siswa dapat mencapai ketuntasan sesuai kriteria ketuntasan minimal ≥ 65 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siklus I sebesar 85,19%, siklus II meningkat menjadi 92,59%. Peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 7,4%. Kesimpulan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Kaliwates 01 kecamatan Kaliwates kabupaten Jember pada tahun pelajaran 2009/2010 dengan penerapan pembelajaran berasosiasi PAIKEM dengan menggunakan teori belajar Brunner mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23524
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository