• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT DI SDN BINAKAL BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    r (180)r_1.pdf (1.072Mb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    Andika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Binakal Bondowoso pada mata pelajaran IPS disebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih monoton, guru selalu menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas dalam mengajarkan materi pelajaran. Hasil ulangan harian yang didapatkan siswa kelas IV SDN Binakal Bondowoso dalam pelajaran IPS Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1 vi i m e ni n g ka t ka n a k t i vi t a s be l a j a r si sw a ke l a s I V m e l a l ui m e t ode probl e m sol v i ng da l a m pe m b e l a j a r a n I P S pok o k ba ha s a n m a s a l a h sosi a l di l i ng k un g a n se t e m pa t di S D N B i na k a l B ondow oso ; d a n 2 ) P e n g a m bi l a n d a t a d a l a m pe n e l i t i a n i ni , di l a ksa na k a n di S D N B i na k a l B ondow so , di m ul a i pa d a t a n g g a l 2 1 Ja nu a r i 201 3 s a m p a i t a n gg a l 4 Me i 201 3 . S ub y e k pe ne l i t i a n a da l a h si sw a k e l a s I V de n g a n j u m l a h si sw a 23 a n a k , t e r di r i da r i 1 1 l a k i l a k i d a n 1 2 pe r e m pu a n. Je ni s pe n e l i t i a n i ni a da l a h m e n gg una ka n pe nde ka t a n k ua l i t a t i f d e n g a n P e n e l i t i a n Ti nda k a n K e l a s P e ne l i t i a n i ni di l a k u k a n se l a m a dua si k l us de n g a n m a si n g m a si n g si k l us t e r di r i da r i dua k a l i pe r t e m ua n. P e r t e m ua n pe r t a m a m e r up a k a n t i nda k a n p e m be l a j a r a n m e n gg un a k a n m e t ode pr obl e m sol v i ng , da n p e r t e m ua n ke dua m e r upa ka n pe m b e r i a n pos t e st unt uk m e n g e t a hu i ha si l be l a j a r si sw a . S i k l us ke dua m e r upa ka n p e r ba i ka n da r i si k l us pe r t a m a . A n a l i si s da t a pa da a k hi r si k l us di k e t a hui a k t i vi t a s be l a j a r m e n g a l a m i pe ni n g ka t a n da r i pr a si k l us se be sa r 4 2, 1 7% m e nj a di 74 ,3 4 % pa d a si k l us I . pe ni n g ka t a n da r i pr a si l us k e si k l us I se b e sa r 32,17 % . S e d a n g ka n pa d a si k l us I I t e r j a di pe ni n g ka t a n se be sa r 11,52 % da r i si k l us I se be sa r 7 4,34 % m e nj a di si k l us I I se be sa r 85, 86 % . U nt u k ke t unt a sa n ha si l be l a j a r si sw a pa da pr a si k l us se be sa r 60,8% m e nj a di 73,91% p a da si k l u s I I . H a si l be l a j a r si s w a m e ni n g ka t se be s a r 1 3,11% da r i pr a si k l us ke si k l us I . se da n g ka n P a da si k l us I I h a si l be l a j a r si sw a m e n g a l a m i pe ni n g ka t a n se be sa r 12,94% da r i si k l us I se be sa r 73,91% m e nj a di si k l us I I se b e sa r 86,85% . G ur u di sa r a n k a n m e n gguna ka n m e t od e probl e m sol v i ng unt uk m e ni n g ka t k a n a k t i vi t a s d a n ha si l b e l a j a r si sw a . H a l i ni t e r bu k t i de n g a n m e ni n g ka t n y a a kt i vi t a s da n ha si l be l a j a r si sw a k e l a s I V da l a m pe m b e l a j a r a n I P S po k o k b a ha s a n m a sa l a h sosi a l di l i n g k un g a n se t e m p a t di S D N B i na ka l B ondow oso pa d a si k l us I da n si k l us I I .
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23515
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository