PENERAAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT DI SDN BINAKAL BONDOWOSO
Abstract
Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Binakal
Bondowoso pada mata pelajaran IPS disebabkan oleh metode pembelajaran yang
diterapkan di sekolah masih monoton, guru selalu menggunakan metode ceramah dan
pemberian tugas dalam mengajarkan materi pelajaran. Hasil ulangan harian yang
didapatkan siswa kelas IV SDN Binakal Bondowoso dalam pelajaran IPS
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1
vi
i
m
e
ni
n
g
ka
t
ka
n
a
k
t
i
vi
t
a
s
be
l
a
j
a
r
si
sw
a
ke
l
a
s
I
V
m
e
l
a
l
ui
m
e
t
ode
probl
e
m
sol
v
i
ng
da
l
a
m
pe
m
b
e
l
a
j
a
r
a
n
I
P
S
pok
o
k
ba
ha
s
a
n
m
a
s
a
l
a
h
sosi
a
l
di
l
i
ng
k
un
g
a
n
se
t
e
m
pa
t
di
S
D
N
B
i
na
k
a
l
B
ondow
oso
;
d
a
n
2
)
P
e
n
g
a
m
bi
l
a
n
d
a
t
a
d
a
l
a
m
pe
n
e
l
i
t
i
a
n
i
ni
,
di
l
a
ksa
na
k
a
n
di
S
D
N
B
i
na
k
a
l
B
ondow
so
,
di
m
ul
a
i
pa
d
a
t
a
n
g
g
a
l
2
1
Ja
nu
a
r
i
201
3
s
a
m
p
a
i
t
a
n
gg
a
l
4
Me
i
201
3
. S
ub
y
e
k
pe
ne
l
i
t
i
a
n
a
da
l
a
h
si
sw
a
k
e
l
a
s
I
V
de
n
g
a
n
j
u
m
l
a
h
si
sw
a
23
a
n
a
k
,
t
e
r
di
r
i
da
r
i
1
1
l
a
k
i
l
a
k
i
d
a
n
1
2
pe
r
e
m
pu
a
n.
Je
ni
s
pe
n
e
l
i
t
i
a
n
i
ni
a
da
l
a
h
m
e
n
gg
una
ka
n
pe
nde
ka
t
a
n
k
ua
l
i
t
a
t
i
f
d
e
n
g
a
n
P
e
n
e
l
i
t
i
a
n
Ti
nda
k
a
n
K
e
l
a
s
P
e
ne
l
i
t
i
a
n
i
ni
di
l
a
k
u
k
a
n
se
l
a
m
a
dua
si
k
l
us
de
n
g
a
n
m
a
si
n
g
m
a
si
n
g
si
k
l
us
t
e
r
di
r
i
da
r
i
dua
k
a
l
i
pe
r
t
e
m
ua
n.
P
e
r
t
e
m
ua
n
pe
r
t
a
m
a
m
e
r
up
a
k
a
n
t
i
nda
k
a
n
p
e
m
be
l
a
j
a
r
a
n
m
e
n
gg
un
a
k
a
n
m
e
t
ode
pr
obl
e
m
sol
v
i
ng
,
da
n
p
e
r
t
e
m
ua
n
ke
dua
m
e
r
upa
ka
n
pe
m
b
e
r
i
a
n
pos
t
e
st
unt
uk
m
e
n
g
e
t
a
hu
i
ha
si
l
be
l
a
j
a
r
si
sw
a
.
S
i
k
l
us
ke
dua
m
e
r
upa
ka
n
p
e
r
ba
i
ka
n
da
r
i
si
k
l
us
pe
r
t
a
m
a
.
A
n
a
l
i
si
s
da
t
a
pa
da
a
k
hi
r
si
k
l
us
di
k
e
t
a
hui
a
k
t
i
vi
t
a
s
be
l
a
j
a
r
m
e
n
g
a
l
a
m
i
pe
ni
n
g
ka
t
a
n
da
r
i
pr
a
si
k
l
us
se
be
sa
r
4
2,
1
7%
m
e
nj
a
di
74
,3
4
%
pa
d
a
si
k
l
us
I
.
pe
ni
n
g
ka
t
a
n
da
r
i
pr
a
si
l
us
k
e
si
k
l
us
I
se
b
e
sa
r
32,17
%
.
S
e
d
a
n
g
ka
n
pa
d
a
si
k
l
us
I
I
t
e
r
j
a
di
pe
ni
n
g
ka
t
a
n
se
be
sa
r
11,52
%
da
r
i
si
k
l
us
I
se
be
sa
r
7
4,34
%
m
e
nj
a
di
si
k
l
us
I
I
se
be
sa
r
85,
86
%
.
U
nt
u
k
ke
t
unt
a
sa
n
ha
si
l
be
l
a
j
a
r
si
sw
a
pa
da
pr
a
si
k
l
us
se
be
sa
r
60,8%
m
e
nj
a
di
73,91%
p
a
da
si
k
l
u
s
I
I
.
H
a
si
l
be
l
a
j
a
r
si
s
w
a
m
e
ni
n
g
ka
t
se
be
s
a
r
1
3,11%
da
r
i
pr
a
si
k
l
us
ke
si
k
l
us
I
.
se
da
n
g
ka
n
P
a
da
si
k
l
us
I
I
h
a
si
l
be
l
a
j
a
r
si
sw
a
m
e
n
g
a
l
a
m
i
pe
ni
n
g
ka
t
a
n
se
be
sa
r
12,94%
da
r
i
si
k
l
us
I
se
be
sa
r
73,91%
m
e
nj
a
di
si
k
l
us
I
I
se
b
e
sa
r
86,85%
.
G
ur
u
di
sa
r
a
n
k
a
n
m
e
n
gguna
ka
n
m
e
t
od
e
probl
e
m
sol
v
i
ng
unt
uk
m
e
ni
n
g
ka
t
k
a
n
a
k
t
i
vi
t
a
s
d
a
n
ha
si
l
b
e
l
a
j
a
r
si
sw
a
.
H
a
l
i
ni
t
e
r
bu
k
t
i
de
n
g
a
n
m
e
ni
n
g
ka
t
n
y
a
a
kt
i
vi
t
a
s
da
n
ha
si
l
be
l
a
j
a
r
si
sw
a
k
e
l
a
s
I
V
da
l
a
m
pe
m
b
e
l
a
j
a
r
a
n
I
P
S
po
k
o
k
b
a
ha
s
a
n
m
a
sa
l
a
h
sosi
a
l
di
l
i
n
g
k
un
g
a
n se
t
e
m
p
a
t
di
S
D
N
B
i
na
ka
l
B
ondow
oso pa
d
a
si
k
l
us
I
da
n si
k
l
us
I
I
.