dc.description.abstract | Quantum Teaching merupakan suatu model pembelajaran yang memberikan rasa
senang pada siswa pada saat KBM berlangsung. Pada pembelajaran menjebatani
kehidupan guru dan kehidupan siswa. Pembelajaran ini mampu memberikan minat,
rasa senang dan motivasi yang tinggi dalam mempelajari konsep suatu materi ,
kerangka rancangan belajar yang diterapkan disingkat dengan akronim TANDUR
(Tumbuhkan, Alami, Namai, demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan).
Kegiatan pembelajaran yang dilakukan di SMP N 6 Jember khususnya kelas
VIII A selama ini cenderung masih menggunakan cara lama, guru pengajar
matematika tidak sesuai bidang (lulusan PPKN) . Karena guru mempunyai peran yang
dominan, sebagai sang pemelihara ilmu, mempunyai tugas untuk menyampaikan
seluruh materi kepada siswa. Selama ini metode yang sering digunakan adalah metode
ceramah. Siswa hanya duduk tenang di bangku, mendengarkan serta menyerap dan
menyimpan informasi, kemudian mencatat dan mengerjakan soal latihan yang
diberikan oleh guru. Aktivitas siswa selama kegiatan belajar mengajar tidak nampak
dan siswa cenderung pasif. Hal seperti ini menyebabkan pembelajaran menjadi
membosankan dan menjadikan siswa malas belajar serta kegiatan pembelajaran tidak
menarik untuk diikuti.
Penilaian yang dilakukan di kelas VIII A SMP N 6 Jember selama ini adalah
hanya berdasrkan hasil tes saja, tanpa memperhatikan aspek-aspek lain. Upaya lain
yang dilakukan dalam upaya penyempurnaan dan perbaikan pembelajaran perlu
diiringi sisrem penilaian (Assesment). Adapun bentuk penilaian yang cocok dan
direkomendasikan untuk menilai kompetensi yang ingin dicapai ialah penilaian otentik
(AuthenticAssesment).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui aktivitas siswa,
temuan apa saja dan presentase ketuntasan belajar siswa selama kegiatan pembelajaran
Quantum dengan Authentic Assesment sub pokok bahasan kerucut pada siswa kelas
VIII A SMP 6 N Jember 2007/2008.
Pengambilan data dilaksanakan dimulai tanggal 3 – 10 Juni 2008 dengan subjek
penelitian siswa kelas VIII A SMP N6 Jember. Data yang dikumpulkan berupa
penilaian proyek atau lembar kerja siswa (LKS) dengan rata-rata skor yang dicapai
untuk pertemuan pertama sebesar 84,8; pertemuan kedua sebesar 99,4, dan pertemuan
ketiga dengan skor rata-rata 94,0. Penilaian portofolio terdiri dari tes, PR; penilaian
observasi siswa diantaranya aktivitas kelompok, aktivitas siswa dan penilaian sendiri
oleh siswa. Pada pertemuan pertama untuk skor rata-rata PR I sebesar 89,9, rata-rata
aktivitas siswa sebesar 84, aktivitas kelompok sebesar 77, penilaian diri rata-rata
sebesar 76. Pada pertemuan kedua untuk skor rata-rata PR II sebesar 89,6, skor ratarata
aktivitas
siswa
sebesar
90,
aktivitas
kelompok
sebesar
86,
skor
penilaian
diri
ratarata
sebesar 83. Pada pertemuan ketiga untuk skor rata-rata tes akhir sebesar 81,5,
tugas individu sebesar 68, skor rata-rata aktivitas siswa sebesar 91, aktivitas kelompok
sebesar 86, skor penilaian diri rata-rata sebesar 84.
Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan persentase hasil belajar siswa
mencapai 79,06% sehingga secra klasikal kelas VIII A mencapai ketuntasan
belajar.Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahawa Quantum Teaching dengan
Authentic Assesment dapat ditunjukkan sebagai salah satu alternatif dalam
pembelajaran matematika, karena berdampak positif bagi keterlibatan siswa dalam
kegiatan belajar mengajar. | en_US |