Show simple item record

dc.contributor.authorSUSANTI, Andinilia
dc.date.accessioned2014-01-24T06:15:31Z
dc.date.available2014-01-24T06:15:31Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nim070210192113
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23506
dc.description.abstractDalam menciptakan suatu pengajaran yang efektif pada pembelajaran fisika diperlukan model pembelajaran yang dapat memproses informai serta dapat menanamkan sikap aktif dalam menyelesaikan permasalahan fisika yang relevan dengan kehidupan sehari hari tanpa mengesampingkan hakikat belajar fisika. Model pembelajaran yang dimaksud adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai media audio visual. Penguasaan konten fisika secara benar dapat dilakukan melalui penguasaan fisika secara multirepresentasi yaitu secara representasi verbal, matematik, grafik dan gambar. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD disertai Media Audio Visual dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Multirepresentasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Jember, yang menjadi populasi dari penelitian adalah siswa kelas X. Sampel ditentukan menggunakan metode kelas purposive sampling area melalui teknik pengundian kelas eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan desain random pretest post test. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah beda test untuk menjawab semua rumusan masalahnya. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai media audio visual terhadap kemampuan representasi verbal, matematik, grafik dan gambar. Hal ini dapat dilihat pada hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikan pada setiap kemampuan representasi yaitu < 0,05 dan itu artinya adalah ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai media audio visual dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran fisika berbasis multi representasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalahen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210192113;
dc.subjectMODEL KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI MEDIA AUDIO VISUALen_US
dc.titlePenerapan Model Kooperatif Tipe Stad disertai Media Audio Visual dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Multirepresentasi Kelas X di SMA Negeri 4 Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record