• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MATEMATIKA BERBASIS AUDIO PADA POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS SEGITIGA UNTUK SISWA TUNANETRA SMPLB TPA JEMBER. Tirta Primasyah HPS; 080210191002

    Thumbnail
    View/Open
    gdl (307)_1.pdf (446.1Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    Tirta Primasyah HPS
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Setiap siswa mempunyai masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran, dan setiap permasalahan satu sama lain berbeda-beda, demikian juga bagi siswa tunanetra yang mempunyai keterbatasan dalam menggunakan alat indera penglihatannya dalam proses pembelajaran. Dengan demikian maka dalam penelitian ini dikembangkanlah suatu media pembelajaran dimana siswa tunanetra dalam memahami suatu materi pembelajaran dapat dibantu dengan menggunakan suatu media pembelajaran yang lebih mengutamakan indera yang sering mereka gunakan untuk menangkap informasi yaitu indera pendengaran dan peraba. Media pembelajaran tersebut dapat berupa alat peraga dan CD interaktif. Permasalahan yang timbul dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah proses pengembangan alat peraga matematika berbasis audio pada materi keliling dan luas segitiga untuk siswa tunanetra dan bagaimanakah hasil pengembangan alat peraga matematika berbasis audio pada materi keliling dan luas segitiga untuk siswa tunanetra. Pada proses pengembangannya melalui beberapa tahapan yaitu analisis kebutuhan, pemilihan topik, penyusunan diagram alir media, pelaksanaan produksi, uji validasi, dan pengemasan produk. Dalam proses pembuatan CD pembelajaran interaktif digunakan beberapa software untuk mendukung kinerja dari alat peraga. Kemudian hasil dari pengembangan ini adalah berupa alat peraga interaktif dan manual, CD pembelajaran interaktif, dan buku panduan yang dikemas dalam satu paket. Setelah proses produksi maka langkah selanjutnya adalah uji validasi produk oleh dua orang pakar komputer yang khusus menilai aspek atraktif, dan inetraktif kemudian dua orang pakar pendidikan yang khusus menilai kurikulum dan materi dan dua orang guru matematika SMPLB-A yang menilai materi dan desain secara umum. Berdasarkan hasil angket validasi dan analisis data maka didapat nilai uji validitas desain sebesar 87,91%. Dengan melihat Tabel Kriteria Validitas maka kriteria validitas media pembelajaran ini dinyatakan valid dan tidak perlu revisi dan langkah selanjutnya adalah uji coba media pembelajaran ini terhadap dua orang siswa tunanetra di SMPLB-A. Berdasarkan hasil angket validasi uji coba media pembelajaran yang dilakukan dengan cara wawancara maka didapat nilai uji validitas desain sebesar 92,85%. Dengan melihat Tabel Kriteria Validitas maka kriteria validitas media pembelajaran ini dinyatakan sangat valid dan tidak perlu revisi. Dari hasil penelitian didapat bahwa respon awal guru dan siswa tunanetra terhadap media pembelajaran ini sangat positif, terutama bagi siswa tunanetra yang nampak sangat senang dan bersemangat dari proses observasi awal hingga penelitian berlangsung. Kemudian siswa tunanetra dapat dengan mudah mengoperasikan media pembelajaran ini dan hasil latihan soal yang ada pada CD pembelajaran interaktif juga sangat baik. Jika melihat dari hasil penelitian dan dipenuhinya kriteria tersebut maka pengembangan alat peraga matematika berbasis audio ini layak digunakan dalam pembelajaran. Dan media pembelajaran ini juga memberikan motivasi dan semangat untuk mempelajari matematika dan juga rasa mandiri karena media pembelajaran ini bisa dioperasikan sendiri oleh siswa tunanetra.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23505
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository