• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT (STM) DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIII-C SMP NEGERI 3 JENGGAWAH

    Thumbnail
    View/Open
    r (206)r_1.pdf (572.6Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    ndi Riyan Hidayat
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    ata hasil observasi proses pembelajaran fisika di kelas VIIIC SMPN 3 Jenggawah tahun ajaran 2010/2011 pada tanggal 10 Januari 2011 dan wawancara dengan guru mata pelajaran IPA menunjukkan bahwa prestasi belajar fisika masih rendah, mengingat kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang harus dicapai siswa agar dapat dikatakan tuntas dalam mengikuti pembelajaran adalah nilai ≥68. Berdasarkan hasil observasi diketahui data kelas VIII-C yang terdiri 39 orang siswa, sebanyak 16 siswa (41,03%) dinyatakan tuntas belajar dan mendapatkan nilai ≥68 dan 23 siswa (58,97%) dinyatakan tidak tuntas dan mendapatkan nilai<68. Selain itu, aktivitas siswa yang terlihat cenderung pasif dan kurang memperhatikan penjelasan guru sehingga guru perlu mengadakan pembelajaran dengan model pembelajaran fisika yang efektif dan menyenangkan bagi siswa khususnya yang dapat membantu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika. Pendekatan sains teknologi dan masyarakat dengan eksperimen merupakan salah satu dari beberapa macam pendekatan atau metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran fisika. Pendekatan sains teknologi dan masyarakat (STM) merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat membangun pemikiran siswa tentang literasi sains dan pemanfaatan sains dalam kehidupan di masyarakat. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar fisika menggunakan pendekatan sains teknologi dan masyarakat (STM) dengan metode eksperimen pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 3 Jenggawah? (2) Bagaimanakah peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika menggunakan pendekatan sains teknologi dan masyarakat (STM) dengan metode eksperimen pada siswa kelas vii VIII-C SMP Negeri 3 Jenggawah?. Penelitian ini memiliki tujuan yakni : (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa menggunakan pendekatan sains teknologi dan masyarakat (STM) dengan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas VIII - C SMP Negeri 3 Jenggawah, (2) Untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa menggunakan pendekatan sains teknologi dan masyarakat (STM) dengan metode eksperimen pada Siswa Kelas VIII - C SMP Negeri 3 Jenggawah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan tempat penelitian dilaksanakan di SMPN 3 Jenggawah. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-C. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Untuk menjawab rumusan masalah yang pertama digunakan teknik persentase aktivitas dan untuk menjawab rumusan masalah yang kedua digunakan teknik persentase ketuntasan belajar siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh persentase aktivitas siswa pada pra-siklus 34,76%, siklus I meningkat sebesar 59,66 %, siklus II meningkat sebesar 78,29% yang termasuk pada kriteria aktivitas siswa aktif. Analisis data ketuntasan belajar siswa menggunakan rumus persentase ketuntasan belajar pada pembelajaran prasiklus diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 38,46%, pada siklus I diperoleh ketuntasan secara klasikal sebesar 64,10 %, pada siklus II diperoleh ketuntasan secara klasikal sebesar 79,49 %. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Peningkatan aktivitas belajar siswa menggunakan pendekatan sains teknologi dan masyarakat (STM) dengan metode eksperimen aktivitas belajar fisika siswa kelas VIIIC SMPN 3 Jenggawah mengalami peningkatan sebesar 78,29% dengan kategori aktif. (2) Peningkatan ketuntasan hasil belajar menggunakan pendekatan sains teknologi dan masyarakat (STM) dengan metode eksperimen ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VIII-C SMPN 3 Jenggawah mengalami peningkatan sebesar 79,49 % dengan kategori tuntas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23504
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository