• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI TEMATIS DENGAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X-A DAN KELAS X-B SMA NEGERI 1 BESUKI TAHUN PELAJARAN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    r (255)r_1.pdf (770.7Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    Andri Pradana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan pada bulan Juli yang dilakukan di SMA Negeri 1 Besuki, dapat diketahui pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Besuki khhususnya kelas X masih belum mencapai hasil yang cukup baik, hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor, dan faktor yang paling menentukan adalah penggunaan strategi serta metode pembelajaran sejarah yang kurang bervariatif.. Dari latar belakang tersebut dapat dikemukakan tiga rumusan masalah yaitu (1) bagaimanakah hasil belajar siswa menggunakan strategi tematis dengan metode pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran sejarah di kelas X-A SMA Negeri 1 Besuki tahun pelajaran 2011-2012, (2) bagaimanakah hasil belajar siswa menggunakan strategi tematis dengan metode pembelajaran diskusi pada mata pelajaran sejarah di kelas X-B SMA Negeri 1 Besuki tahun pelajaran 2011-2012, dan (3) bagaimanakah perbandingan hasil belajar siswa menggunakan strategi tematis dengan metode pembelajaran inkuiri dan metode pembelajaran diskusi pada mata pelajaran sejarah di kelas X-A dan kelas X-B SMA Negeri 1 Besuki tahun pelajaran 2011-2012. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X-A (kelas eksperimen) dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri dan di kelas X-B (kelas kontrol) dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan strategi tematis dengan metode pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran sejarah di kelas X-A SMA Negeri 1 Besuki tahun pelajaran 2011-2012, (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan strategi tematis dengan metode pembelajaran diskusi pada mata pelajaran sejarah di kelas X-B SMA Negeri 1 Besuki tahun pelajaran 2011-2012, dan (3) untuk mengetahui bagaimanakah perbandingan hasil belajar siswa pada penerapan strategi tematis dengan metode inkuiri dan metode pembelajaran diskusi pada mata pelajaran sejarah di kelas X-A dan Kelas X-B SMA Negeri 1 Besuki tahun pelajaran 20112012. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan tekhnik komparasi atau perbandingan. Analisis perbedaan hasil belajar siswa di kelas X-A dan kelas X-B menggunakan uji-t atau t-tes, pada taraf signifikansi 5 % nilai analisis uji-t atau t-tes sebesar 0,820 lebih kecil atau kurang dari nilai t-tabel sebesar 2,00 ( < t-tabel). dan pada taraf signifikansi 1 % nilai analisis uji-t atau t-tes sebesar 0,820 lebih kecil atau kurang dari nilai t-tabel sebesar 2,65 ( viii < t-tabel). Jadi pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan metode inkuiri pada pembelajaran sejarah di kelas X-A menunjukkan hasil belajar yang baik, tercatat sebesar 76,47 % siswa di kelas X-A telah tuntas dan sebesar 23,52 % belum tuntas atau sejumlah 26 siswa telah tuntas, sedangkan sisanya sebanyak 8 orang siswa belum tuntas. (2) Penggunaan metode diskusi pada pembelajaran sejarah di kelas X-B menunjukkan hasil belajar yang baik dengan tingkat ketuntasan sebesar 63,88 % dan siswa yang tidak tuntas sebesar 36,11 % atau sebanyak 23 siswa telah tuntas dan sisanya yaitu sebanyak 13 orang siswa belum tuntas, (3) Perbandingan hasil belajar siswa menggunakan strategi tematis dengan metode inkuiri dan hasil belajar siswa menggunakan strategi tematis dengan metode diskusi pada mata pelajaran sejarah di kelas X-A dan kelas X-B SMA Negeri 1 Besuki tahun pelajaran 2011-2012 tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Saran yang diajukan adalah (1) bagi siswa, hendaknya metode inkuiri dan metode diskusi bisa menjadi metode yang tepat dalam pembelajaran sejarah, (2) bagi guru, hendaknya metode inkuiri dan metode diskusi bisa menjadi metode alternatif guna menyampaikan pembelajaran sejarah di kelas, dan (3) bagi sekolah, hendaknya metode inkuiri dan metode diskusi menjadi metode pembelajaran yang dikembangkan dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Besuki.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23486
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository