• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA GURU SMA NEGERI ARJASA TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (176)_1.pdf (274.5Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    Lilis Saeni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri Arjasa pada bulan Juni Tahun 2012 bahwa kinerja guru dirasakan masih belum memuaskan. Dalam realitas sehari – hari masih ditemukan adanya gejala – gejala antara lain pembuatan kerangka KBM belum optimal bahkan hanya copy paste perangkat tahun lalu dengan mengganti tahunnya, kurangnya kemauan guru menciptakan pembelajaran yang variatif. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru antara lain dengan meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan-pelatihan, seminar kursus-kursus atau pendidikan formal yang tinggi serta pembinaan dan pengembangan untuk mendukung pembelajaran yang efektif, berdasarkan hasil observasi di SMA Arjasa Kompetensi guru sudah dinyatakan bagus, guru mengajar sesuai dengan profesinya, guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi kurikulum dan mengaitkan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik, guru menggunakan alat bantu mengajar atau audio visual (termasuk TIK) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran dan lain-lain. Jadi guru dalam mengajar harus mempunyai kompetensi mengajar agar mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan menyenangkan serta akan lebih mampu mengelola kelasnya sehingga kinerja guru meningkat. Disamping itu faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja guru adalah motivasi kerja guru. Motivasi kerja guru adalah motivasi yang menyebabkan guru bersemangat dalam mengajar karena kebutuhannya terpenuhi. Hal ini dapat terlihat pada saat peneliti melakukan observasi awal pada guru SMA Negeri Arjasa yaitu tanggung jawabnya guru dalam melaksanakan tugas mengajar seperti bertanggung jawab atas kegagalan siswa dalam belajarnya, menyelesaikan materi vii pelajaran tepat waktu dan setiap beberapa bulan sekali guru-guru melakukan pembinaan dan pengembangan pembelajaran yang efektif yang dapat meningkatkan kinerja guru. Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Kompetensi Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Guru SMA Negeri Arjasa Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan dengan merumuskan masalah sebagai berikut: adakah pengaruh yang signifikan variabel Kompetensi Guru dan motivasi kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Guru SMA Negeri Arjasa Tahun Ajaran 2012/2013 dan diantara variabel Kompetensi Guru dan Motivasi Kerja, manakah yang berpengaruh dominan terhadap Kinerja Guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 24 September - 5 Desember 2012, dengan subjek penelitian yaitu guru SMA Negeri Arjasa yang PNS dan Lulus Sertifikasi Tahun Ajaran 2012/2013 berjumlah 38 guru. Metode pengambilan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi, dengan analisa data analisis inferensial yang meliputi analisis regresi linear berganda, Uji F dan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hipotesis yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan varibel kompetensi guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru pada guru SMA Negeri Arjasa Tahun Ajaran 2012/2013 diterima. Hal ini artinya hipotesis tersebut terjawab bahwa secara simultan kompetensi guru dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru. Kompetensi guru dan motivasi kerja pada guru SMA Negeri Arjasa memiliki peranan yang sangat penting terhadap kinerja guru, hal ini dibuktikan oleh analisis koefisien determinasi variabel kompetensi guru memberi pengaruh 30,5%, motivasi kerja 40,2% sisanya 29,3% dipengaruhi variabel lain diantaranya pengalaman mengajar, latar belakang pendidikan dan lain-lain
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23474
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository