Show simple item record

dc.contributor.authorMARIDA DIAH SUHARTANTI
dc.date.accessioned2014-01-24T05:52:51Z
dc.date.available2014-01-24T05:52:51Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM080210274029
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23455
dc.description.abstractPembelajaran Matematika bagi siswa adalah pembelajaran yang membosankan. Pembelajaran Matematika selama ini hanya bersifat Teacher Centered dengan pusat pembelajaran adalah guru. Siswa pada pembelajaran sebagai objek penerima informasi dari guru. Siswa selama pembelajaran bosan dan tidak terfokus pada pembalajaran. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui: 1) mengetahui penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan kemampuan perkalian siswa kelas V; 2) mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan kemampuan perkalian siswa kelas V; 3)mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sidomekar 05 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember kelas V yang terdiri dari 30orang siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilakukan sebanyak 2 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Pengambilan data dimulai pada tanggal 18 Februari 2011. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer dengan menggunakan lembar observasi menujukkan peningkatan aktivitas guru dan aktivitas siswa pada setiap siklusnya. Hasil observasi yang mengukur tingkat aktivitas belajar siswa pada aspek keaktifan siswa selama proses pembelajaran dan kemampuan siswa bekerjasama dengan anggota kelompoknya. Penerapan NHT efektif digunakan pada pembelajaran matematika materi perkalian. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan aktivitas guru sebesar 58,3% pada siklus I dan 75% pada siklus II. Kegiatan belajar mengajar lebih efektif dan efisien. Semangat belajar siswa mengalami peningkatan. Siswa sudah terlihat aktif dalam proses pembelajaran terutama dalam hal kerjasama dengan anggota kelompoknya. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan hal ini dapat ditunjukkan pada peningkatan persentase aktivitas siswa secara individu pada siklus 1 sebesar 66,1% dan siklus 2 sebesar 85,5%. Dengan menggunakan NHT pada materi perkalian kemampuan siswa dalam melakukan perkalian meningkat. Hal ini dapat diketahui dari analisis hasil observasi kemampuan siswa melakukan perkalian pada siklus I 68,6% mengalami peningkatan sebesar 10,75%. Pada siklus II persentase kemampuan siswa melakukan perkalian adalah 77% dan mengalami peningkatan sebesar 24,2%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274029;
dc.subjectNUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)en_US
dc.subjectPenerapan, NHTen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERKALIAN SISWA KELAS V SDN SIDOMEKAR 05 KECAMATAN SEMBORO KABUPATEN JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record