ENGGUNAAN MEDIA APLIKASI KOMPUTER AKUNTANSI PROGRAM KRISHAND GENERAL LEDGER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Keterampilan dan hasil belajar siswa kelas X AK 1 SMK 1 Bustanul Ulum
Wuluhan Kabupaten Jember
dalam pembelajaran akuntansi masih tergolong rendah
dibandingkan dengan kelas X AK 2. Hal ini dikarenakan media pembelajaran yang
digunakan oleh peneliti sebagai guru pengampu akuntansi masih menggunakan media
konvensional seperti papan tulis, bagan dalam bentuk tabel-tabel yang disampaikan
dengan metode ceramah bervariasi.
Untuk itu penggunaan media berbasis komputer sangatlah diperlukan.
Penggunaan media aplikasi komputer akuntansi program Krishand General Ledger
diharapkan dapat membantu proses pembelajaran yang selama ini dilakukan secara
manual sehingga
keterampilan dan hasil belajar siswa kelas X AK 1 SMK 1 Bustanul
Ulum dapat meningkat.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penggunaan media
aplikasi komputer akuntansi program Krishand General Ledger dapat meningkatkan
keterampilan dan hasil belajar siswa
. 2) Meningkatkan keterampilan siswa dengan
menggunakan media aplikasi komputer akuntansi program Krishand General Ledger.
3) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media aplikasi komputer
akuntansi program Krishand General Ledger.
vii
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan
2 siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
tes, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif
dengan pendekatan kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil
pelaksanaan tindakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penggunaan media aplikasi komputer
akuntansi program Krishand General Ledger dapat meningkatkan keterampilan dan
hasil belajar siswa kelas kelas X AK 1 SMK 1 Bustanul Ulum Kabupaten Jember
pada mata pelajaran akuntansi. Pada siklus I diketahui skor rata-rata keterampilan
belajar
sebesar 2,2 (kategori sedang) dan mengalami peningkatan pada siklus II
sebesar 2,7 (kategori tinggi). Hasil tugas siswa yang diperoleh dari pekerjaan siswa
menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata tugas siswa sebesar 68,7
(kategori cukup). Nilai rata-rata tugas siswa pada siklus II sebesar 80,3 (kategori
baik)
. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 72,3 (tuntas secara individual) dan
pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 82,8 (tuntas secara individual
dan klasikal). Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa
penggunaan media aplikasi komputer akuntansi program Krishand General Ledger
dapat me
ningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan
kepada kepala sekolah SMK 1 Bustanul Ulum agar media aplikasi komputer
akuntansi program Krishand General Ledger terus digunakan sebagai inovasi media
pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan dan hasil
belajar siswa.