PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS KARAKTER PADA SISWA KELAS VIII-C BILINGUAL SMP NEGERI 3 JEMBER
Abstract
Pembelajaran fisika bilingual adalah pembelajaran fisika yang materi
pembelajaran, proses belajar mengajar, dan penilaiannya disampaikan dalam
bahasa Inggris. Salah satu sekolah menengah tingkat pertama di Jember yang
menerapkan kelas bilingual adalah SMP Negeri 3 Jember. Berdasarkan observasi
yang dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 di kelas VIII-C
bilingual SMP Negeri 3 Jember, ditemukan aktivitas belajar, ketuntasan hasil
belajar, dan karakter siswa yang masih rendah yaitu 31,03%, hal ini masih belum
memenuhi standar ketuntasan hasil belajar fisika yang telah ditetapkan di SMP
Negeri 3 Jember yaitu sebesar 75%.
Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran
dengan Penelitian Tindakan Kelas melalui model pembelajaran TGT (Teams
Games Tournament) untuk meningkatkan aktivitas, ketuntasan hasil belajar fisika,
dan karakter siswa kelas VIII-C bilingual SMP Negeri 3 Jember.
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan model TGT
(Teams Games Tournament) dengan metode eksperimen berbasis karakter dalam
meningkatkan aktivitas belajar siswa, ketuntasan hasil belajar siswa, dan karakter
siswa kelas VIII-C bilingual SMP Negeri 3 Jember. Metode pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif secara kualitatif maupun
kuantitatif. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa indikator aktivitas belajar
siswa meningkat setelah dilaksanakannya siklus II, sedangkan untuk ketuntasan
hasil belajar siswa meningkat sebesar 34,48% pada siklus I dan 75,58% pada
siklus II, dan untuk perilaku berkarakter siswa juga menunjukkan adanya
vii
peningkatan karakter siswa setelah dilaksanakan siklus II. Hasil ini menunjukkan
bahwa model pembelajaran yang digunakan tersebut dapat meningkatkan aktivitas
belajar, hasil belajar, dan karakter siswa.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah model pembelajaran TGT (Teams
Games Tournament) dengan metode eksperimen berbasis karakter dapat
meningkatkan aktivitas belajar siswa, ketuntasan hasil belajar siswa, dan karakter
siswa dari kategori tidak aktif menjadi cukup aktif di kelas VIII-C bilingual SMP
Negeri 3 Jember.