• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS PETA POSITIONING MERK PRODUK DETERJEN JENIS BUBUK BERDASARKAN PERSEPSI IBU RUMAH TANGGA di KECAMATAN SUKODONO KOTA SIDOARJO

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (192)x_1eko.pdf (115.3Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    HERDANU SETIAWAN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peta positioning merk deterjen jenis bubuk berdasarkan persepsi ibu rumah tangga di kecamatan Sukodono kota Sidoarjo. Dasar yang digunakan untuk memposisikan merk deterjen jenis bubuk adalah persepsi ibu rumah tangga terhadap kemiripan atribut determinan yang terdiri dari produk, harga, promosi, lokasi, masing masing merk deterjen jenis bubuk. Teknik analisis adalah Multidimensional Scaling (MDS). Penelitian ini dilakukan dengan mengambil responden sebanyak 60 responden dengan metode purposive sampling. Data yang diperoleh diuji menggunakan analisis MDS untuk mengetahui keandalan dan kesahihan (Validity and Reliability), hasil peta positioning merk produk deterjen jenis bubuk (Rinso, Attack, So Klin, Surf, dan Daia) berdasarkan persepsi ibu rumah tangga, dan kesamaan sikap responden dalam memberikan penilaian. Berdasarkan hasil analasis terdapat perbedaan posisi masing-masing merk produk deterjen jenis bubuk berdasarkan persepsiibu rumah tangga dan menunjukkan bahwa merk produk deterjen jenis bubuk Attack merupakan pesaing terdekat atau pesaing langsung (direct competitor) dari merek Rinso, terutama menyangkut produk, lokasi dan promosi. Merk produk deterjen jenis bubuk Daia tidak mempunyai pesaing langsung (indirect competitor) karena memiliki perbedaan terbesar atau diferensiasi yang jelas dan unik. Merk produk deterjen jenis bubuk Surf tidak memiliki positioning yang kuat atau jelas, karena tidak mempunyai banyak kemiripan dan juga tidak mempunyai banyak perbedaan dengan merk produk deterjen jenis bubuk lain di benak ibu rumah tangga. Hasil dari uji konsistensi dan kesamaan sikap responden juga menunjukkan bahwa responden tidak memiliki kesamaan sikap dalam menilai kemiripan merk produk deterjen jenis bubuk.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23388
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12415]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository