• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Media Nyata pada Siswa Kelas IV SD Negeri Grujugan Kidul 2 Bondowoso.

    Thumbnail
    View/Open
    gdl (284)_1.pdf (208.2Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    Siska Desi Wijayanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk SD kelas IV semester 2, Standar Kompetensi yang harus dicapai siswa adalah siswa dapat mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis ke dalam bentuk karangan, pengumuman, dan pantun anak. Sedangkan Kompetensi Dasar yang harus dicapai siswa adalah siswa dapat menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan ejaan ( huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll ). Berdasarkan kompetensi Dasar diatas hal yang harus dicapai siswa adalah siswa dapat menyusun karangan khususnya menulis karangan deskripsi yang bertujuan agar siswa dapat mengungkapkan atau pendapat, pemikiran yang dimiliki, selain itu dapat mengembangkan daya pikir dan kreatifitas siswa dalam menulis khususnya dalam menulis karangan deskripsi. Hasil observasi pada siswa kelas IV menunjukkan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mendeskripsikan suatu benda ke dalam bahasa tulis terutama dalam menulis karangan deskripsi, karena siswa sulit membayangkan sesuatu tanpa adanya media nyata dihadapan mereka. Ini dibuktikan dari hasil belajar siswa yang rendah yang didapatkan dari nilai tugas siswa dalam menulis karangan. Berdasarkan hasil obsevasi dapat dikemukakan rumusan masalahnya yaitu. bagaimanakah proses meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media nyata pada siswa kelas IV SD Negeri Grujugan Kidul 2 Bondowoso dan bagaimanakah kemampuan menulis karangan deskripsi setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media nyata pada siswa kelas IV SD Negeri Grujugan Kidul 2 Bondowoso. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan proses kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media nyata pada siswa kelas IV SD Negeri Grujugan Kidul 2 Bondowoso dan mendeskripsikan kemampuan menulis karangan deskripsi setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media nyata pada siswa kelas IV SD Negeri Grujugan Kidul 2 Bondowoso. Berdasarkan hal tersebut, untuk memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia pada pokok bahasan menulis karangan deskripsi, maka diperlukan alternatif untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa. Salah satu yang dinilai dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa adalah dengan menggunakan media nyata. Pembelajaran menulis karangan deskripsi pada penelitian ini memiliki tiga tahap, yaitu prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23342
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository