Show simple item record

dc.contributor.authorSischa Yuni Priati
dc.date.accessioned2014-01-24T04:58:52Z
dc.date.available2014-01-24T04:58:52Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM080210193017
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23298
dc.description.abstractDunia pendidikan Indonesia tampaknya kurang siap dalam menghadapi tantangan globalisasi. Hal ini dapat dilihat dari Education Development Index (EDI) dan Programme for International Student Assessment (PISA). Berdasarkan data tahun 2008, nilai EDI Indonesia adalah 0,934. Nilai tersebut menempatkan Indonesia di posisi ke-69 dari 127 negara di dunia. Adapun nilai PISA Indonesia pada tahun 2009, untuk Science berada diurutan 60 dengan nilai 383 dari 65 negara. Mutu pendidikan sangat dipengaruhi oleh kualitas pembelajaran di sekolah yang ditentukan oleh satuan pendidikan dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang efektif dan efisien untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Strategi pembelajaran kooperatif merupakan salah satu strategi yang berpotensi memberdayakan kemampuan berpikir siswa. Strategi pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualized (TAI) dengan teknik mnemonik merupakan perpaduan pembelajaran kelompok dengan individual dan teknik mnemonik yang digunakan sebagai bantuan untuk mempermudah memahami informasi/materi pelajaran. Strategi kooperatif TAI dengan teknik mnemonik terdiri dari beberapa fase yaitu tes penempatan (placement test), pembentukan kelompok (teams), pengajaran kelompok (teaching group), belajar kelompok (teams study) dan mnemonik, unit seluruh kelas (whole-class unit) dan mnemonik, penilaian dan penghargaan kelompok (teams score dan teams recognition), dan tes fakta (fact test). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualized (TAI) dengan teknik mnemonik terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Proses pengumpulan data dilaksanakan dengan pengukuran motivasi (angket ARCS), tes hasil belajar (pretes dan postes), observasi mengajar, dokumentasi, dan wawancara terhadap guru maupun siswa. Data angket motivasi ARCS dan hasil belajar (pretes dan postes) siswa dianalisis dengan analisis kovarian (ANAKOVA) dengan kovariat motivasi awal dan hasil tes awal (pretes) siswa. Sebelum dilakukan uji ANAKOVA dilakukan uji prasyarat normalitas menggunakan One-Sample Kosmolgorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan Levene’s Test of Equality of Error Variances.. Hasil penelitian dan analisis terhadap angket motivasi siswa dibagi menjadi empat aspek yaitu, perhatian (attention), keterkaitan (relevance), percaya diri (confidence), dan kepuasan (satisfaction). Berdasarkan hasil uji Kovarian terhadap motivasi awal dan motivasi akhir menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kooperatif TAI dengan teknik mnemonik berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar aspek attention (p = 0,020), aspek relevance (p = 0,000), aspek confidence (p = 0,000), dan aspek satisfaction (p = 0,001). Rerata selisih nilai motivasi pada kelas eksperimen adalah 11,19 dan kelas kontrol sebesar 3,3. Rerata selisih nilai motivasi kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji Kovarian terhadap nilai pretes dan postes menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kooperatif TAI dengan teknik mnemonik berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa (p= 0,000). Peningkatan rerata pretes dan postes kelas eksperimen sebesar 44,14 dari rerata pretes 28,34 menjadi rerata postes 72,48 dan kelas kontrol sebesar 31,13 dari rerata pretes 30,86 menjadi rerata postes 62,00. Rerata selisih pretes dan postes kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran kooperatif TAI dengan teknik mnemonik berpengaruh positif secara signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210193017;
dc.subjectStrategi Pembelajaranen_US
dc.titleJuni 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualized (TAI) dengan Teknik Mnemonik terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi (Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012).en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record