PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SDN 04 PURWODADI BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2010-2011
Abstract
Rendahnya nilai hasil belajar IPS di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor
atau permasalahan yang dihadapi guru dan siswa dalam proses belajar mengajar
antara lain; pembelajaran hanya didominasi oleh siswa yang berprestasi saja,
kurangnya respon siswa terhadap proses belajar mengajar yang dilakukan, dan
kurangnya variasi metode yang digunakan untuk menyampaikan materi. Penelitian ini
berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar Ilmu
Pengetahuan Sosial pokok bahasan Kegiatan Ekonomi pada siswa kelas IV SDN 04
Purwodadi Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi melalui teknik Mind
Mapping? (b) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
pokok bahasan Kegiatan Ekonomi pada siswa kelas IV SDN 04 Purwodadi
Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi melalui teknik Mind Mapping?.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar
melalui model Mind Mapping mata pelajaran IPS pokok bahasan Kegiatan Ekonomi
siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Purwodadi Banyuwangi Tahun Pelajaran
2010/2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 21 anak,
terdiri dari 10laki-laki dan 11 perempuan, Pengambilan data dalam penelitian ini
dilaksanakan di SDN 04 Purwodadi Banyuwangi, dimulai pada tanggal 08 Oktober
2011 sampai tanggal 20 Oktober 2011. Desain penelitian yang digunakan adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data telah dilakukan dengan metode
observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, data yang di analisis adalah
aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran.
Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh hasil analisis aktivitas belajar siswa
selama pembelajaran IPS pokok bahasan Kegiatan Ekonomi menggunakan model
Mind Mapping pada pembelajaran pra siklus diperoleh 49,4% kemudian hasil analisis
pada pembelajaran siklus I sebanyak 54,4%, sehingga terjadi peningkatan sebanyak
5%, sedangkan pembelajaran dari siklus I mendapatkan prosentase aktivitas sebesar
54,4 dan pembelajaran siklus II memperoleh 66,1%, sehingga mengalami
peningkatan sebanyak 11,7%. Kemudian analisis hasil belajar Ilmu Pengetahuan
Sosial juga mengalami peningkatan yang sangat memuaskan, yaitu pada
pembelajaran pra siklus sebesar 33,3%, pembelajaran siklus I sebesar 66,7%,
sehingga terjadi peningkatan sebanyak 33,4%, sedangkan pembelajaran dari siklus I
sebesar 66,7% ke siklus II sebesar 85,7% mengalami peningkatan sebanyak 19%.
Pemerolehan hasil akhir dalam penelitian ini dinyatakan telah sesuai dengan yang
diharapkan oleh peneliti terbukti terbukti dengan hasil analisis aktivitas belajar siswa
selama pembelajaran IPS pokok bahasan Kegiatan Ekonomi menggunakan model
Mind Mapping pada siklus II mencapai 66,1% yang termasuk kriteria cukup aktif,
sedangkan pada analisis hasil belajar siklus II mencapai 85,7% yang termasuk kriteria
sangat baik.
Saran yang dapat diberikan peneliti untuk pertimbangan siswa adalah
hendaknya dijadikan semangat belajar karena dengan model Mind Mapping bisa
menemukan sesuatu hal yang baru baik di kelas maupun di luar kelas, bagi guru
hendaknya lebih aktif dalam melakukan inovasi pembelajaran, agar siswa tidak
merasa bosan, tidak kesulitan dalam memahami materi dan aktif selama
pembelajaran, dan bagi peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini
untuk menemukan sesuatu yang baru dan mengarah pada kebaikan hingga pada
akhirnya benar-benar bermanfaat bagi kemajuan siswa dan dunia pendidikan.