HUBUNGAN MUTU PELAYANAN DENGAN KEPUASAN DAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN DI RSGM UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Tuntutan masyarakat terhadap mutu pelayanan kesehatan semakin meningkat.
Mutu pelayanan kesehatan adalah tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam
menimbulkan rasa puas pada pasien. Pasien yang puas terhadap pelayanan akan
menggunakan kembali pelayanan jika membutuhkan. RSGM Universitas Jember
tahun 2011 mengalami penurunan jumlah kunjungan pasien dalam tiga tahun
terakhir, sebesar 3,02% - 14,3%. Rumah sakit harus memperhatikan mutu pelayanan
dan melakukan survei kepuasan pasien agar dapat berkembang dengan baik.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan
dan minat kunjungan ulang pasien di RSGM Universitas Jember dan diharapkan
dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi RSGM Universitas Jember untuk
meningkatkan mutu pelayanan.
Jenis penelitian adalah observasional analitik dengan pendekatan cross
sectional. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli-September 2012 di RSGM
Universitas Jember pada klinik Periodonsia, Prostodonsia, Oral Medice, Konservasi
gigi dan Bedah Mulut. Sampel penelitian dihitung berdasarkan rumus besar sampel
untuk populasi yang tidak diketahui dan didapatkan sampel berjumlah 96.
Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, yaitu sampel dengan
kriteria tertentu yang diambil. Alat ukur penelitian menggunakan kuesioner yang
berisi data karakteristik sosiodemografi, mutu pelayanan (reliability, assurance,
tangible, emphaty, dan responsiveness), kepuasan dan minat kunjungan ulang pasien.
Data dianalisa menggunakan uji korelasi spearmen.
Hasil penelitian adalah pasien mengatakan mutu pelayanan RSGM dalam
kategori sedang sebanyak 49 orang (51,0%), sangat puas terhadap pelayanan
iii
sebanyak 88 orang (91,7%) dan berminat melakukan kunjungan ulang sebanyak 90
orang (93,7%). Analisa hubungan didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000
(p<0,05) antara mutu pelayanan dengan kepuasan dan nilai signifikansi sebesar 0,000
(p<0,05) antara mutu pelayanan dengan minat kunjungan ulang pasien.
Kesimpulan penelitian adalah terdapat hubungan antara mutu pelayanan
dengan kepuasan dan minat kunjungan ulang pasien di RSGM Universitas Jember.
Saran adalah perlu penelitian lebih lanjut dengan sampel dari pasien datang sendiri
agar hasil penilaian lebih obyektif dan tidak bias.
Collections
- UT-Faculty of Dentistry [2086]