PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN ANGGOTA PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA SEJAHTERA CLURING BANYUWANGI
Abstract
Koperasi Pegawai Republik Indonesia Sejahtera Cluring merupakan badan
usaha yang bergerak di bidang jasa. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif
kausal, yaitu penelitian yang menghubungkan antara dua variabel dan bersifat sebab
akibat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Obyek penelitian ini yaitu
semua anggota koperasi pegawai republik indonesia sejahtera cluring .
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap
tingkat kepuasan pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia Sejahtera Cluring. Data
primer diperoleh melalui metode kuesioner dari 90 responden yaitu anggota Koperasi
Pegawai Republik Indonesia Sejahtera Cluring. Data yang telah diolah kemudian
dianalisis dengan menggunakan rumus analisis regresi linier berganda dengan
bantuan program SPSS. Nilai masing-masing koefisien regresi variabel independen
dari model regresi linier yaitu bukti fisik (tangible)/X1 sebesar 0,115, keandalan
(reliability)/X2 sebesar 0,145, daya tanggap (responsiveness)/X3 sebesar 0,187,
jaminan (assurance)/X4 sebesar 0,110, dan empati (empathy)/X5 sebesar 0,113. Dari
nilai masing-masing koefisien regresi variabel independen tersebut didapatkan nilai
positif. Hal ini menggambarkan bahwa variabel independen yang terdiri dari bukti
fisik (tangible), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan
(assurance), dan empati (empathy) mempunyai pengaruh positif terhadap besarnya
tingkat kepuasan anggota, artinya dengan semakin besarnya variabel independen
maka tingkat kepuasan anggota akan semakin besar pula.
Pada penelitian ini analisis data yang digunakan adalah uji instrument penelitian
dengan uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas menunjukkan bahwa bahwa masingvii
masing indikator yang digunakan baik dalam variabel independen maupun dependen mempunyai nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05%, sehingga semua variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah valid. Uji reliabilitas menunjukkan bahwa semua variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah reliabel, karena memiliki koefisien keandalan reliabilitas lebih besar dari 0,60, sehingga semua variabel yang digunakan dalam penelitian ini reliabel.
Berdasarkan pada hasil perhitungan uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 83.724 dan nilai F hitung tersebut lebih besar dari pada F table, sedangkan perhitungan uji t diperoleh nilai T hitung > T table, nilai T tabel ± 1.663. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Berdasarkan ketentuan tersebut, hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan anggota pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia Sejahtera Cluring.