dc.description.abstract | Matematika merupakan ilmu yang mendasari perkembangan teknologi
yang berperan penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir
manusia. Matematika juga mempunyai peranan penting dalam pendidikan. Hal ini
terbukti bahwa pelajaran matematika ada disetiap jenjang pendidikan dari sekolah
dasar sampai perguruan tinggi. Matematika diperlukan untuk membekali peserta
didik dengan kemampuan berpikir logis, mengelola, dan memanfaatkan informasi,
serta kemampuan bekerjasama. Namun sampai sekarang masih banyak siswa yang
menganggap bahwa pelajaran matematika sebagai pelajaran yang sulit dan
menakutkan. Sebenarnya sulit tidaknya pelajaran tergantung dari siswa itu sendiri
atau siap tidaknya dia menerima pelajaran.
Dari hasil observasi ditemukan bahwa hasil ujian tengah semester siswa kelas
VII A di SMP Negeri 1 Silo masih rendah dibandingkan kelas lainnya. Hal ini
ditunjukkan dari data kelas dari 36 siswa hanya 19,4% yang mendapatkan skor 70 ke
atas dan 80,6% mendapatkan skor dibawah 70. Aktivitas belajar matematika siswa
kelas VII A juga masih rendah. Hal ini terlihat selama pembelajaran hanya 40% siswa
yang aktif dalam pembelajaran dan 60% siswa tidak aktif di kelas. Permasalahan
tersebut harus segera diatasi dengan penggunaan metode pembelajaran yang bisa
membuat siswa lebih tertarik dengan pembelajaran Matematika, sehingga dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran
yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah motode Course
Review Horay. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan
metode pembelajaran course review horay dan untuk mengetahui aktivitas dan
hasil belajar siswa setelah diajar dengan metode pembelajaran course review
horay pada pokok bahasan himpunan kelas VII SMP Negeri 1 Silo .
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Silo yang
berjumlah 36 siswa. Penelitian ini menggunakan desain spiral penelitian tindakan
kelas model Hopskin dan dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus terdiri
dari perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.
Sedangkan metode analisis data menggunakan metode analisis diskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menujukkan penerapan metode Course Review Horay
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas
belajar siswa mencapai skor 76,45% dan termasuk kategori aktif sendangkan
ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 55,6% belum memenuhi Kriteria
Ketuntasan Minimal. Pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan
sebesar 84,41% dan termasuk kategori sangat aktif, ketuntasan belajar secara
klasikal juga mengalami peningkatan sebesar menjadi 83,33%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode
Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas
VII A SMP Negeri 1 Silo pada mata pelajaran Matematika materi Himpunan.
Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah hendaknya guru mata
Matematika di SMP Negeri 1 Silo menerapkan metode Course Review Horay
sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran. | en_US |