Show simple item record

dc.contributor.authorDWI AKTA KARUNIASARI
dc.date.accessioned2014-01-24T04:33:56Z
dc.date.available2014-01-24T04:33:56Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM040210101326
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23212
dc.description.abstractBanyak siswa yang menganggap matematika merupakan pelajaran menakutkan. Pelajaran matematika, dianggap sulit, membosankan, banyak rumus yang dipelajari. Hal ini mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar matematika, sehingga tugas seorang guru adalah mengupayakan agar siswa lebih tertarik dan senang belajar matematika. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah menggunakan media pembelajaran berbantuan komputer. Materi yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah materi operasi bilangan pecahan dikarenakan operasi bilangan pecahan merupakan masalah yang sejak lama dihadapi dalam dunia pendidikan. Menggunakan media komputer materi operasi bilangan pecahan dijelaskan menggunakan animasi gambar, disertai animasi teks dan adanya audio (suara) pada penjelasan materi. Diharapkan menggunakan media pembelajaran berbantuan komputer ini dapat menghilangkan “image” atau anggapan bahwa matematika merupakan pelajaran menakutkan atau pelajaran yang sulit bagi sebagian besar siswa dan proses belajar mengajar menjadi lebih menarik serta menyenangkan tanpa mengurangi makna dan tujuan yang ingin dicapai dari proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan media pembelajaran berbantuan komputer sebagai media pembelajaran matematika pada sub pokok bahasan operasi bilangan pecahan. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember, dan uji coba dilaksanakan di SMP Negeri 7 Jember dan metode pengumpulan data yang digunakanadalah studi literatur dan angket. Angket yang digunakan bersifat terbuka, angket langsung diberikan kepada validator meliputi dua pakar pendidikan, dua pakar komputer, dan dua guru matematika kelas VII SMP, sedangkan angket uji coba diberikan pada 30 siswa kelas VII SMP. Model prosedural pengembangan desain media pembelajaran matematika berbantuan komputer pada sub pokok bahasan operasi bilangan pecahan kelas VII sekolah menengah pertama mengacu pada pengembangan model yang dikembangkan Sadiman (2008:99), ada empat tahapan utama yaitu: penyusunan rancangan, penulisan naskah, produksi media, dan validasi media pembelajaran. Validasi melalui dua tahapan yaitu: (1) Penilaian dua pakar pendidikan, dua pakar komputer, dan dua guru matematika kelas VII SMP. (2) Uji coba produk dengan 30 siswa kelas VII SMP. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data hasil angket uji validasi. Analisis deskriptif kuantitatif menggunakan analisis prosentase untuk menentukan kriteria validasi produk media pembelajaran ini. Berdasarkan hasil validasi dari dua orang pakar pendidikan, dua orang pakar komputer, dan dua orang guru matematika kelas VII SMP, diketahui besar prosentase hasil validasi yang pertama yaitu 74,16% (dalam hal ini sesuai dengan analisa data bab 3 pada tabel 3.2 maka kriteria validitas media pembelajaran yang telah divalidasi cukup valid namun perlu direvisi) sehingga revisi dilakukan sesuai dengan saran-saran yang telah diberikan oleh validator kemudian di validasi lagi dengan validator tetap, dimana besar prosentase hasil vaidasi yang kedua yaitu 82.56% (dalam hal ini sesuai dengan analisa data bab 3 pada tabel 3.2 maka kriteria validitas media pembelajaran yang telah dikembangkan tersebut dinyatakan valid, tidak perlu revisi). Kemudian setelah divalidasi dan dinyatakan valid maka dilakukan uji coba pada siswa kelas VII SMP. Dan prosentase penilaian serta tanggapan 30 siswa kelas VII+ SMP Negeri 7 Jember pada uji coba produk yaitu 83,21% (dalam hal ini sesuai dengan analisa data bab 3 pada tabel 3.2 maka kriteria validitas media pembelajaran yang telah dikembangkan tersebut dinyatakan valid, tidak perlu revisi). Produk akhir pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan komputer pada sub pokok bahasan operasi bilangan pecahan kelas VII Sekolah Menengah Pertama berupa software file executable dan fla. Swf tersimpan dalam CD, di dalam software tersebut terdiri dari materi, contoh soal, latihan soal, dan penyelesaiannya, ulangan harian ini telah memenuhi kriteria: Dinamis; Attraktif; Interaktif; Materi; dan Dilengkapi dengan animasi dan audio (suara) dalam penjelasan materi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210101326;
dc.subjectPengembangan Desain Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputeren_US
dc.titlePENGEMBANGAN DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN KOMPUTER PADA SUB POKOK BAHASAN OPERASI BILANGAN PECAHAN KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record