dc.contributor.author | Sinartiani, 070210204057 | |
dc.date.accessioned | 2014-01-24T04:24:14Z | |
dc.date.available | 2014-01-24T04:24:14Z | |
dc.date.issued | 2014-01-24 | |
dc.identifier.nim | NIM070210204057 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23186 | |
dc.description.abstract | Membaca merupakan salah satu ketrampilan berbahasa yang yang digunakan
untuk mendapatkan pengetahuan dan nformasi baru. Membaca nyaring adalah
kemampuan mengubah lambang-lambang tertulis menjadi bunyi-bunyi yang
bermakna. Dari hasil observasi menunjukkan bahwa siswa masih kesulitan dalam
membaca terutama dalam hal lafal dan intonasi. Hal ini terjadi karena aspek-aspek
yang mendukung dalam pembelajaran kurang sesuai,di antaranya guru kurang dalam
memberikan contoh membaca nyaring di Kelas II SDN Kebonsari 04 Jember.
Kondisi tersebut dapat teratasi dengan melalui pemenggalan frase, melalui
pemenggalan tersebut dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa dan
mudah berlatih membaca. berdasarkan alasan yang dikemukakan ,peneliti
mengangkat permasalahan (1) bagaimanakah penerapan pemenggalan frase yang
dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas II SDN Kebonsari 04
Jember? dan (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca nyaring siswa
kelas II SDN Kebonsari 04 Jember setelah dilakukan pemenggalan frase? Tujuan
penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan pemenggalan frase yang dapat
meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas II SDN Kebonsari 04
Jember, dan (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca nyaring siswa
kelas II SDN Kebonsari04 Jember setelah dilakukan pemenggalan frase.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Penelitian ini dilakukan di SDN Kebonsari 04 Jember dan diikuti oleh seluruh siswa
kelas II sebanyak 44 siswa. Penelitian dilakukan dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan 1 kali pertemuan dan dilakukan kolaboratif antara peneliti dan guru
kelas. Data peneliti dianalisis secara kualitatif.
Dalam pembelajaran membaca nayring melalui pemenggalan frase dapat
meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan pada akhir pembelajaran prasiklus
hasil belajar siswa yang tuntas 10 (22%) dan yang tidak tuntas 34 (77%) siswa, pada
siklus 1 siswa yang tuntas 29 (65%) dan yang tidak tuntas 15 (34%) siswa,
sedangakan siklus 2 siswa yang tuntas 40 (90%) dan yang tidak tuntas 4 (9%) siswa.
Berdasarkan hal tersebut diketahui bahwa siklus 1 dan siklus 2 mengalami suatu
peningkatan. sedangkan siswa yang belum tuntas dikarenakan tidak bisa membaca
sama sekali dan tidak lancar membaca.
Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah bagi mahasiswa yang
akan melakukan penelitian,disarankan agar lebih teliti dalam memilih judul yang
benar-benar terdapat permasalahan dalam kelas atau pada siswa, Bagi guru kelas
yang akan menerapkan pembelajaran tersebut lebih membimbing dan memotivasi
siswa agar pembelajaran berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan dan
siswa lebih berminat lagi dalam membaca. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Sinartiani, 070210204057; | |
dc.subject | Meningkatkan Kemampuan Membaca | en_US |
dc.title | Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring melalui Pemenggalan Frase pada Siswa Kelas II SDN Kebonsari 04 Jember. Sinartiani, 070210204057 | en_US |
dc.type | Other | en_US |